Semangatlah dalam Memotivasi Anak*

Oleh KH. Achmad Syatibi Hambali

Assalamu’alaikum Wr. Wb.
al-Hamdulillahi Rabbil ‘alamin wa al-shalatu wa al-salamu ‘ala asyrafil anbiya’ wa al-mursalin sayyidina Muhammadin shalla Allah ‘alaih wa salla wa ‘ala alihi washahbihi ajama’in. Amma ba’du.

Yang saya hormati Kepala MTs dan SMA Qothrotul Falah. Juga yang saya banggakan para dewan guru semuanya. Semoga kita semua mendapatkan rahmat Allah Swt dan senantiasa diberi-Nya kemudahan dalam menjalankan aktivitas sehari-hari.  

al-Hamdulillah, pada rapat kali ini saya bisa bersilaturahmi kembali dengan para dewan guru Pondok Pesantren Qothrotul Falah. Saya ucapkan terima kasih yang sedalam-dalamnya kepada dewan guru semua, karena sudah menyempatkan kesediannya untuk menjadi bagian dari keluarga Pondok Pesantren Qothrotul Falah.

Tentunya dengan pengabdian kepada Allah ini, mudah-mudahan ilmu yang diberikan kepada anak-anak akan mengalir dan menjadi berkah di hadapan Allah. Sebab, saya yakin Pondok Pesantren Qothrotul Falah tidak ada apa-apanya tanpa ada bimbingan dan uluran tangan dari bapak dan ibu guru semua.

Karena itulah, saya ucapkan terima kasih yang sedalam-dalamnya. Mudah-mudahan, dengan bantuan semuanya ke depan Pondok Pesantren Qothrotul Falah bisa lebih maju lagi dan lebih diminati oleh masyarakat. Karena itulah, kepada bapak dan ibu guru yang telah menjadi bagian dari Pondok Pesantren Qothrotul Falah, mohon kesediannya untuk selalu menepati jadwal mengajar yang telah ditentukan. Sebab yang pertama dilihat masyarakat adalah Kegiatan Belajar Mengajar (KBM), apakah berjalan atau tidak.

Untuk itu, kita tidak lagi berleha-leha atau santai dalam hal mengajar, karena saya yakin dengan uluran tangan bapak dan ibu yang penuh keikhlasan, MTs dan SMA Qothrotul Falah mampu bersaing dengan sekolah-sekolah lain. Walaupun tahun kemarin MTs dikepalai oleh Pak Tanto Haryanto dan SMA dikepalai oleh Dr. Nurul H. Maarif , M.A. kini sudah pindah kepada  Ahmad Turmudzi, S.Pd.I. bagian MTs dan Aang Abdurrahman, S.E. bagian SMA, namun mudah-mudahan akan tetap memberikan kemajuan.

Al-Hamdulillah fasilitas yang ada di sekolah ini sudah memadai, dari mulai laboratorium  Fisika/Kimia/Biologi, perpustakaan dan lain sebagainya. Mudah-mudahan ke depan bisa  bertambah dengan fasilitas yang lainnya, sehingga sekolah kita ini lebih diminati masyarakat dan kita mampu bertanggungjawab dalam mendidik anak. Jadi, itulah harapan saya. Saya merasa bangga dan bahagia, karena ternyata bapak dan ibu masih punya kesanggupan untuk menjadi bagian dari keluarga Pondok Pesantren Qothrotul Falah.

Bapak dan ibu yang saya hormati.

Saya berpesan, pertama, pengabdian bapak dan ibu di sini tidak dijadikan obat boring saja. Karena itu akan berimbas pada konsentrasi belajar anak. Kedua, tetaplah semangat dalam memotivasi anak, karena bagi anak, kita semua adalah orang tua yang kedua. Jika motivasi dan semangat kita kendor, otomatis anak akan kehilangan ghirah-nya untuk belajar.

Mudah-mudahan kesiapan dan perjuangan kita  dalam mendidik anak, dibalas oleh Allah dengan kenikmatan yang lebih besar. Karena saya yakin jika kita ikhlas, hasilnyapun akan dirasakan oleh kita sebagai orang tuanya.

Demikian sedikit sambutan saya semoga ada manfaatnya.

Wassalamu’alaikum, Wr. Wb.

*Sambutan Pengasuh Pondok Pesantren Qothrotul Falah disampaikan pada Rapat Guru MTs dan SMA Qothrotul Falah Tahun 2015-2016, Sabtu, 2 Agustus 2015, di Kediaman Pengasuh Pondok Pesantren Qothrotul Falah Cikulur Lebak Banten.