Saya Hanya Bisa Memberikan Doa*

Oleh KH. Achmad Syatibi Hambali

Assalamu’alaikum Wr. Wb.
al-Hamdulillahi Rabbil ‘alamin wa al-shalatu wa al-salamu ‘ala asyrafil anbiya’ wa al-mursalin sayyidina Muhammadin shalla Allah ‘alaih wa salla wa ‘ala alihi washahbihi ajama’in. Amma ba’du.

Anak-anakku para alumni Pondok Pesantren Qothrotul Falah.

Barangkali tidak ada orang yang paling bahagia pada hari ini, kecuali saya. Saya merasa senang dan bangga, apalagi ketika mendengar salah satu dari alumni kita ada yang menjadi anggota Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR-RI), yaitu Ibu Vivi Sumantri Jayabaya. Mudah-mudahan tidak hanya Ibu Vivi, tapi ke depan semua alumni Pondok Pesantren Qothrotul Falah menjadi orang yang sukses.

Semoga kehadiran kalian semua dalam acara Reuni Akbar ini, bisa lebih menjalin tali silaturahmi diantara kita dan menjadi bagian dari rutinitas. Mudah-mudahan ke depan alumni kita baik SMA atau MTs bisa lebih banyak lagi, tentunya dengan banyak kesuksesan yang diraih. Karena, sekarangpun sudah banyak alumni Pondok Pesantren Qothrotul Falah yang berhasil, Ada yang menjadi anggota dewan, PNS, pimpinan pondok dan sebagainya. Itu menjadi kebanggaan tersendiri bagi saya pribadi. Ketika alumni banyak yang berhasil, baik dari sekolah ataupun salafi dengan keberhasilan yang berbeda-beda, itu artinya Allah telah membagi-bagi rizki kita. Kalau ada yang jadi petani, jadilah petani yang profesional.

Anak-anakku yang saya hormati.

Bagi yang sudah berhasil maka syukurilah, karena siapa saja orang yang terus-menerus berusaha dan berhasil, itu karena ridhanya Allah. Dan bagi yang belum berhasil, jangan putus asa. Teruslah berupaya, karena insya Allah jika kita bersungguh-sungguh akan diberi kemudahan.

Anak-anakku yang saya cintai.

Saya tidak bisa memberikan apa-apa kepada kalian. Saya hanya bisa memberikan do’a yang mudah-mudahan kalian menjadi orang yang sukses dunia dan akhirat. Setidaknya kalian bisa bermanfaat bagi masyarakat sekitar. Sebab, sebaik-baik manusia adalah yang bermanfaat bagi yang lainnya. Mudah-mudahan ke depan Pondok Pesantren Qothrotul Falah bisa lebih maju dan menghasilkan alumni-alumni yang berkualitas.

Terakhir saya berharap kepada alumni, hadirnya kalian di sini tidak hanya sekedar kumpul, tapi bisa memberikan kritikan yang sifatnya membangun untuk pondok ini. Kami menunggu saran dan kritiknya. Sampaikanlah kepada pengurus yang ada di pondok.  Jangan sampai dibiarkan jika ada kekurangan yang sekiranya bisa dibangun bersama-sama.

Itu saja barangkali yang bisa sampaikan. Semoga ada manfaatnya.

Wassalamu’alaikum, Wr. Wb.

*Sambutan Pengasuh Pondok Pesantren Qothrotul Falah disampaikan pada Reuni Akbar Ke-2, Selasa, 21 Juli 2015, di Majelis Qothrotul Falah Cikulur Lebak Banten.