Jadikan Membaca sebagai Kebutuhan

Oleh. KH. Achmad Syatibi Hambali

Assalamu’alaikum Wr. Wb.

al-Hamdulillahi Rabbil ‘alamin wa al-shalatu wa al-salamu ‘ala asyrafil anbiya’ wa al-mursalin sayyidina Muhammadin shalla Allah ‘alaih wa salla wa ‘ala alihi washahbihi ajama’in. Amma ba’du.

Pembina Triping Community, dewan guru dan anggota-anggota yang dimuliakan Allah Swt.

al-Hamdulillah, malam ini sudah terbentuk kembali anggota baru Triping Community. Mudah-mudahan terbentuknya forum diskusi ini bisa memberikan motivasi bagi kita semua untuk lebih giat lagi belajar dan membaca. Sebab itu sudah menjadi rumus. Jika kalian ingin berhasil dan pintar, tentu harus rajin belajar dan membaca. Karena Allahpun menurunkan ayat pertama kepada Rasulullah yaitu iqra’, yang artinya bacalah! Membaca adalah bagian dari perintah Allah, karena dengan membaca kita bisa menambah pengetahuan dan wawasan.

al-Hamdulillah di pondok kita ini ada perpustakaan yang kiranya sudah cukup lengkap. Tinggal bagaimana kalian memanfatkan buku-buku ini dengan baik. Saya berharap tidak hanya kelompok Triping Community yang hobi membaca, tapi bagaimana caranya santri-santri yang lainpun bisa termotivasi untuk membaca. Bisa saja dari 21 anggota Triping Community ini masing-masing mempunyai anak binaan, sehingga santri yang lain bisa termotivasi untuk membaca buku.

Buku harus dijadikan bekal hidup. Tidak hanya di pondok, tapi dimanapun, kalian harus membaca. Ya, minimal seminggu satu buku. Karena itu saya harapkan anggota Triping Community tidak hanya sebatas menjadi anggota, tapi kalian harus benar-benar membaca dan mengamalkannya.

Saya sendiripun membaca. Jangan kira saya tidak membaca. Setiap ada kesempatan saya selalu membaca. Hanya mungkin tidak terlihat oleh kalian kapan saya membaca. Sebisa mungkin dalam satu hari saya sempatkan untuk membaca, di manapun itu; di ruang tamu, di kamar dan lainnya. Karena itu, saya berpesan kalau kalian ingin sukses dan pintar, membacalah! Dan jangan sungkan bertanya pada yang lebih paham kalau kalian tidak mengerti dengan buku yang kalian baca.

Jadikanlah membaca sebagai kebutuhan. Ketika kalian tidak membaca, anggaplah itu sebagai suatu kerugian. Maka dari itu, sempatkanlah membaca di manapn itu, karena itu akan membuat kalian menjadi orang yang berhasil. Sebab, ilmu tidak akan datang dengan sendirinya tanpa ada proses untuk menggapainya.

Untuk itu, saya ucapkan terima kasih kepada anggota Triping Community. Mudah-mudahan kalian bisa memotivasi santri yang lain untuk lebih giat lagi dalam membaca. Dan mudah-mudahan koleksi buku kita bisa bertambah.

Saya sering melihat guru-guru saya. Buku-bukunya berantakan di kamarnya, karena mereka sering membaca. Nah, mudah-mudahan kalianpun bisa seperti itu. Mudah-mudahan dengan membaca, kalian bisa mendapat ilmu pengetahuan.

Itu saja dari saya. Sukses selalu untuk kalian. Bulan depan saya akan tanya berapa banyak buku yang sudah kalian baca.

 

Wassalamu’alaikum, Wr. Wb.

 

*Sambutan Pengasuh Pondok Pesantren Qothrotul Falah disampaikan pada Workshop Triping Community “Dari Triping untuk Dunia”, Rabu, 20 Agustus 2015 di Pondok Baca Qi Falah Pondok Pesantren Qothrotul Falah Cikulur Lebak Banten.