Kita Berusaha, Allah Menentukan Segalanya

Oleh KH. Achmad Syatibi Hanbali*)

Assalamu’alaikum Wr. Wb.

al-Hamdulillah wa al-shalatu wa al-salamu ‘ala Rasulillah. Amma ba’d.

Asatidz wal asatidzah, bapak-bapak dan ibu-ibu para wali santri rahimakumullah.

Marilah kita panjatkan puji dan syukur ke hadirat Allah SWT, yang karena-Nya kita dapat berkumpul kembali dalam rangka silaturahim pada pengajian wali santri yang diselenggarakan setiap awal bulan sekali.

Bapak dan ibu yang diberkahi Allah.

Perlu kita ketahui, pengajian di awal bulan ini selain dalam rangka mengaji, bersilaturahim, juga untuk mengetahui apa saja kegiatan yang anak-anak kita lakukan selama di pondok pesantren ini.

Selain itu, kita juga mengambil keberkahan dalam pengajian ini, karena di sini bapak-ibu bershalawat bersama, berdoa bersama, dan mengaji bersama dengan mengharap ridha Allah SWT. Mudah-mudahan keikhlasan bapak-ibu melangkahkan kaki ke tempat ini membawa kebarokahan bagi putra-putri kita dalam menuntut ilmu di pondok pesantren ini.

Kami selaku pendidik di pondok ini ingin sekali melihat keberhasilan putra-putri bapak-ibu sekalian, sehingga mereka bisa menjadi anak-anak yang saleh dan salehah, juga berguna bagi nusa, bangsa dan agama. Keberhasilan putra-putri bapak-ibu di sini sesungguhnya bukan hanya keberhasilan bapak-ibunya, tapi juga keberhasilan kami yang ikut berperan dalam mendidik anak-anak kita. Bagi kami semua, santri baik putra maupun puteri itu sama saja anak saya. Tidak akan saya beda-bedakan.  

Kita semua di sini hanya berupaya dalam mendidik putra-putri kita, karena sesungguhnya hanya Allah-lah yang menentukan segalanya. Untuk itu, selain kita berusaha dalam mendidik anak-anak kita, maka janganlah lupa untuk terus berdoa kepada Allah SWT. Dengan demikian, sesungguhnya harapan bapak-ibu sama dengan harapan kami. Keinginan bapak-ibu juga sama dengan keinginan kami; yakni melihat putra-putri kita menjadi anak yang saleh-salehah dan bermanfaat bagi orang banyak.

Karena itulah, pengajian ini diselenggarakan supaya kita bisa sharing atau berbagi tentang apapun yang mampu membangun kemajuan anak-anak kita di pondok ini. Apapun kekurangan dan perkembangan anak bapak-ibu, insya Allah akan kami sampaikan dan perbaiki sama-sama. Apapun minat bakat anak-anak bapak-ibu kita arahkan di pondok ini, sehingga mereka bisa menggali bakatnya di bidang yang mereka minati.

Mari kita bantu anak-anak kita dengan doa, sehingga mudah-mudahan Allah Swt memudahkan anak-anak kita dalam menuntut ilmu. Kita sebagai orang tua mesti mengarahkan apa yang menjadi tujuan kita dalam menyekolahkan anak-anak kita. Urusan biaya sudah Allah atur. Dengan niat yang baik, Allah akan permudah segalanya. Soal rizki insya Allah akan mengalir sesuai niat baik dan upaya kita. Yang penting, doa kita tidak pernah putus karena dengan doa kita bisa mensyukuri apa yang telah Allah limpahkan kepada kita.

Bapak-ibu yang dirahmati Allah. Mungkin itu saja yang dapat saya sampaikan. Mohon maaf apabila ada salah-salah kata. Mudah-mudahaan kita bisa berkumpul kembali dalam pengajian selanjutnya dengan keadaan sehat wal afiat. Amiin!

Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

*) Sambutan pada Pengajian Bulanan Wali Santri Pondok Pesantren Qothrotul Falah, Sabtu, 5 November 2016.