Uyun Fals Lagu Kita

SENENG deh, kalau udah nyanyi bareng sama anak-anak OB. Eiitss… Bukan Office Boy ya. Tapi One Breath. Yappss… Betul banget. Bagi kamu yang mahir dalam Bahasa Inggris, pasti tahu dong artinya. Satu Nafas, itulah nama angkatan kami. Nah, biasannya biar mudah manggil angkatan kami, kami dan angkatan yamg lainnya pun memanggil dengan sebuatn OB. Semuanya pasti udah ngerti kalau manggil OB itu buat siapa. Yang pasti buat kami anak-anak yang super kece, super gokil, super lucu dan masih banyak super-super yang lainnya. He..he..

Pencetus OB sendiri itu adalah dua orang cowok yang super kece (kalau di make up). He..he.. Just kidding friend! Cowok itu adalah Dede Ikrom dan Faisal Dudayev. Nggak ada OB kalau nggak ada pembimbingnya. Kenalin nih, pembimbing kami yang nggak kalah kecenya sama pencetus OB. Namanya Liandi Kaputra atau yang terkenal dengan sebutan Chutay DesGraf. Heran plus aneh juga Liandi Kaputra dipanggil Chutay. Nggak tau deh, sejarahnya apa. Yang jelas, dia udah buat kami berubah dari yang tadinya super egois, jadi super narsis, karena kami hobi banget sih yang namanya foto-foto. He..he..

Indonesia punya semboyan: “Berbeda-beda tetapi tetap satu tujuan”. Nah, OB juga punya semboyan dong: “Satu Jiwa dalam Dua Badan”. Itulah sepenggal semboyan yang ditorehkan di belakang baju manis kami, coklat dan abu-abu. Jadi, makna antara semboyan Indonesia dan OB nggak jauh berbedalah. Dua badan perempuan dan laki-laki dari banyak daerah yang berbeda dan karakter yang berbeda pula. Tapi dengan  mengucapkan bismillahirrahmanirrahim, kami akan merubahnya sedikit demi sedikit supaya kami selalu bisa menghargai satu sama lain dan selalu satu arah, satu tujuan. Ya,  istilahnya satu nafaslah.

Ada yang pergi, ada juga yang datang. Hilang yang lama diganti sama yang baru. Yah, begitulah OB. Setiap ada yang pindah, nggak lama pasti ada anak baru di OB. Hmmmm…… Kalau kata Anang Hermansyah sih, Separuh Jiwaku Pergi. Begitulah kata-kata buat OB yang udah move on. Menginjak kelas dua dan kelas tiga SMA, rasa ego masing-masing mulai bisa dikendalikan, dan pada kelas dua di semester dua kami udah dikasih amanat untuk menjadi pengurus.

Wih, tau nggak? Mau jadi pengurus susahnya minta ampun. Tapi kalau kita niatnya ikhlas dan sungguh-sungguh sih nggak ada yang susah. Pasti bisa kok. Dan al-hamdulillah Ketua Organisasi Pelajar Pesantren Qothrotul Falah (OPPQ) putera diketuai oleh Matlubi asal Kp. Sanding Kec. Cikulur Lebak dan putrinya diketuai oleh Cahyati asal Cikeusal, Serang. Kita udah punya bagiannya masing-masing dan itu semua butuh kerjasama yang baik. Kalau nyeritain tentang kepengurusan, kayaknya bakal habis ribuan halaman. Jadi singkat aja deh. He..he..

Gokil abis deh kalau udah becanda, ngobrol-ngobrol sama anak-anak OB. Apalagi di kelas program kesayanganku. So pasti kelas sosial (IPS). Itulah panggilan yang biasa disebut bapak guru kami, Pak Herdiana (Pengajar Geografi). Di kelas ada yang suka ngelucu loh, kalau kita boring di kelas. Siapa lagi kalau bukan Bebeng Bengoeng alias Matlubi Ketua OPPQ kami. Satu lagi Husni Mubarok asal Jaraja Cikulur. Kampung halaman Jaraja yang susah deh ditemuin kalau dicari di peta. Eitts… Selain suka ngelucu, si Bebeng punya suara yang khas loh. Khas Sanding. Kami di kelas seneng juga kalau udah nyanyi bareng-bareng. Mulai dari lagu pop, jaz, bahkan lagu dangdut pula. Kami selalu nyanyi riang dan nikmati sama-sama.

Jam 14.00 siang waktunya ngaji diniyah. Tempatnya di perpustakaan (waktu kami kelas dua SMA). Saat itu bagian ngaji kitab kuning yang diisi oleh Ust. Oni. Nama lengkapnya adalah Ustadz Syahroni. Lima belas menit kemudian tiba-tiba datanglah dua orang santri yang terlambat. Siapakah dia? Mereka adalah Bebeng dan Uyun (salah satu editor buku ini). Hmmm… Jadi tanda tanya besar nih di kepala semua anak-anak. Mereka kok bisa barengan, habis ngapain yaa? Setelah ngaji selesai, Uyun cerita. Tadi dia telat tuh karena abis rekaman. al-Hamdulillah boarding kami punya studio rekaman. Di Lantai II Gedung MPS.

Aku tanya lagi: “Rekaman apa Yun?”

“Rekaman lagu kita lah. Tadi aku, Bebeng dan kak Jume (Ahmad Jumaidi, pembimbing Drum Band Pondok Pesantren Qothrotul Falah) habis rekaman di studio. Salah satu lagu One Breath hasil ciptaan Bebeng Bengoeng dan kawan-kawan yang berjudul “Lagu Kita”, al-hamdulillah juga udah berhasil melewati rekaman,” kata Uyun.

Ini dia liriknya:
Satu jiwa dalam dua badan
Mencintai perubahan
Satu jiwa dalam dua badan
Mencintai perdamaian.. 2X
Di bawah naungan Qothrotul Falah
Kan kami jadikan
Ini lagu kenangan..
Agar…. Kau tak lupa saat kita bersama
Wahai.. Qothrotul Falah..

Lirik lagunya memang sedikit, namun penuh arti. Kami ingin, di pengurusan kami ada yang berubah dan berubahnya dalam hal yang positif pastinya. Mudah-mudahan lagu ini selalu terkenang oleh semua orang. Kami nggak nyangka lagu kita banyak dinyanyikan oleh sebagian santri Pondok Pesantren Qothrotul Falah. Kami ngerasa sangat bahagia dan kami berani-beraninya menyanyikan lagu ini setelah pelantikan menjadi pengurus. Hmmm.. Yang penting kami bahagia.

Karena yang nyanyinya Uyun, penyanyi lagu kita dipanggil Uyun Fals. Lagu yang diberi judul Lagu Kita (OB 1416). Kalian tau artinya apa? Dikasih judul Lagu Kita agar semua anak OB merasa saling memiliki rasa kebersaman di Qothrotul Falah dan makna dari 14 adalah Bantara yang 14 dan 16 adalah angkatan yang ke 16.

Oke, inilah cerita yang mungkin tak se-best seller bukunya Habiburrahman El-Shirazy, dan tak selucu bukunya Raditya Dika. Tapi mudah-mudahan ini menjadi kenang-kenangan yang tak pernah musnah sampai kami tidak lagi ada di dunia ini dan selalu dibaca sampai anak cucu kami kelak dan syukur-syukur diminati banyak orang. Aamiin!

Cikulur, 10 Februari 2015

Moral of the Story:
Sahabat, kebersamaan itu memang indah, jika diniatkan menghadirkan hal-hal yang positif. Kebersamaan menjadikan kita yang datang dari berbagai latar belakang laksana keluarga yang begitu dekat.

Profil Fitri


Nama         : FITRIYAH
Sapaan        : Fitri
TTL        : Lebak, 21 Januari 1997
Alamat      : Kp. Koncang 02/01 Ds. Sumurbandung Kec. Cikulur
Kab. Lebak - Banten
No. Hp        : 089501331430
E-Mail        : Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.
Facebook    : Fitri Alfiza
BB        : -
Twitter        : @Fitria_Iza
Blog        : -
Hobi        : Reading book
Aktivitas    : Pengurus OPPQ 2014-2015, Dewan Kerja Pramuka. Penyiar Radio Qi FM 107.07, Triping Community, Peace Leader Qothrotul Falah  
Cita-cita    : Bermanfaat bagi orang lain dan menerbitkan buku sendiri
Motto        : Bersyukur dan bersabar adalah kunci kesuksesan
Kesan    : Hal yang nggak akan aku lupain waktu dipanggil Ustadzah bagian keamanan putri ke MPS untuk diintrogasi karena memfasilitasi HP teman dengan cara dititipkan di rumahku. Akhirnya aku dan temanku dikasih hukuman. Salah satunya pake jubah  hijau hukuman. Awalnya malu, tapi akhirnya menikmati juga karena dengan ini semua ada hikmah di baliknya.
Pesan    : Berbuat baiklah kepada semua orang, sekalipun  orang itu telah menyakitimu. Karena bisa jadi, orang itu orang yang dibutuhkan dalam kehidupanmu nanti.
Karya    : Buku Renungan Santri: Esai-esai Seputar Problematika Remaja (Dkk, 2014).