Sebelum Wisuda, Kelas XII Jalani KTI dan Amaliah

Usai menjalani Ujian Nasional (UN) 2015 selama tiga hari, siswa-siswi Kelas XII IPA/IPS SMA Qothrotul Falah kini menjalani kewajiban membuat Karya Tulis Ilmiah (KTI) dan Amaliah Tadris. Hal ini diselenggarakan kurang lebih satu setengah bulan, hingga mereka menggelar Wisuda Ke-16, pada Ahad, 7 Juni 2015.

Dikatakan Ahmad Turmudzi, S.Pd.I., dua kegiatan ini diniatkan untuk mematangkan skill akademik mereka sebelum melangkahkan kaki ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi, yakni perguruan tinggi.

“Insya Allah kan mereka akan menjalani perkuliahan usai lulus dari pesantren ini. Karena itu, skill mereka penting ditingkatkan untuk menghadapi persaingan dalam perkuliahan itu,” ujar Ute – sapaan akrab Ahmad Turmudzi – yang menjadi pembimbing dua kegiatan ini.

Mahasiswa S2 Untirta Serang Banten ini menyatakan, KTI diniatkan untuk memberikan bobot skill di bidang tulis-menulis, karena mahasiswa itu identik dengan dunia makalah. “Mudah-mudahan pelatihan ini memberikan dampak yang bagus untuk bekal mereka nanti,” ujarnya.

Sedangkan Amaliah Tadris diniatkan untuk menginjeksikan mental dan kemampuan orasi layaknya seorang guru atau dosen. “Amaliah Tadris ini kan praktik mengajar. Jangan hanya mereka dibekali kemampuan tulis-menulis, namun juga kemampuan berbicara dan menjelaskan materi secara baik di depan khalayak,” imbuhnya.

Jika dua hal ini bisa didapatkan, insya Allah kelak mereka akan memiliki skill yang lengkap menjadi sosok intelektual yang sesungguhnya. “Ini harapan yang ingin dicapai dari kegiatan ini,” sambungnya.

Sesuai jadual, KTI akan diselenggarakan selama kurang lebih satu bulan setengah. “Ini meliputi kegiatan pelatihan penulisan, penulisan, bimbingan dan munaqasah atau ujian,” katanya lagi.

Sedangkan amaliah akan diselenggarakan kurang lebih 20 hari. Juga akan diselenggarakan pengarahan, praktik lapangan dan ujian. “Semua harus ada ukurannya, sehingga mendapatkan hasil yang maksimal,” sambungnya.  

Semoga saja, kegiata ini berjalan sesuai rencana dan menghadirkan manfaat. Amin![nhm]