Muhadoroh Akbar dan OPPQ Award Tutup Tahun 2014

Kepengurusan Organisasi Pelajar Pesantren Qothrotul Falah (OPPQ) 2014-2015 menyelenggarakan rangkaian penutup Tahun 2014, berupa Muhadoroh Akbar dan OPPQ Award Tahun 2014. Kegiatan ini diselenggaralan pada Jum’at-Sabtu (5-6 Desember 2014).

Kegiatan tahunan ini rutin diselenggarakan jelang masa peralihan kepengurusan OPPQ. “Ini sudah menjadi tradisi di pesantren ini. Muhadoroh akbar ini menjadi ajang berlatih pidato bagi para santri. Untuk itu, memanfaatkan momen ini akan menjadi penting guna meningkatkan kemampuan santri di bidang orasi,” ujar Nurul H. Maarif, saat memberikan sambutan pada Muhadoroh Akbar yang diselenggarakan di Masjid Qothrotul Falah.

Pada ajang ini, selain diselenggarakan lomba pidato antar santri, juga diisi dengan kegiatan seni semisal marawis. “Mudah-mudahan, kegiatan Muhadoroh Akbar ini menghadirkan kemanfaatan bagi kita semuanya,” katanya berharap.

Keesokan malamnya, diselenggarakan OPPQ Award 2014. “Kegiatan ini sebagai ajang evaluasi bagi para santri dan pengurus OPPQ. Kalau ada yang mendapat predikat positif, itu sebagai apresiasi dan jika ada yang mendapat predikat negative, maka itu menjadi evaluasi,” ujar Ustadz Maftuh Affandi, saat memberikan sambutan pada OPPQ Award bertema People Change ini.

Selain itu, ujarnya, kegiatan ini diniatkan sebagai ajang hiburan bagi para santri, yang akan segera menjalani Ujian Akhir Smester (UAS) baik sekolah maupun diniah. “Ya, hitung-hitung untuk hiburan penghilang kepenatan,” jelasnya.

Pada kegiatan OPPQ Award, maka diselenggarakan nominasi untuk beberapa kategori, semisal santri tersantun, terbaca, teraktif dan sebagainya. “Ini ajang evaluasi dan pembelajaran bagi semuanya. Insya Allah banyak manfaatnya,” ujar Ustadz Maftuh.[nhm]