Enam Santri Ikuti Writing Camp Rumah Dunia

Pondok Pesantren Qothrotul Falah Cikulur Lebak Banten memiliki konsen di bidang jurnalistik santri. Untuk itu, enam santri diikutkan dalam Writing Camp yang diselenggarakan oleh Taman Bacaan Masyarakat (TBM) Rumah Dunia pimpinan Gol A Gong, Sabtu-Ahad, 29-30 November 2014, di Markas Besar Rumah Dunia, Serang Banten.

Mereka yang terlibat kegiatan literasi ini, adalah para pegiat Radio Qi FM 107.07, Halqah Santri Triple Ing Community (Triping.Com), Pondok Baca Qi Falah dan www.qothrotulfalah.com; yakni Cahyati, Wina Aisyatul Maparoh, Nur Hayati, Siti Robeah, Titi Sapitri dan Hayatun Nufus. Selain mereka, juga turut serta puluhan peserta lainnya dari berbagai lembaga dan daerah.

Pihak pesantren beralasan, kegiatan ini penting diikuti guna menumbuhkan kemampuan literasi atau writing (tulis-menulis) di kalangan santri. Pesantren yang mengembangkan sarana ekstrakurikuler non-literasi sangat banyak, namun sedikit yang menyeriusi literasi.

“Kami ingin menjadi salah satu yang sedikit itu. Untuk itu, kami memberikan keleluasaan pada santri untuk mengikuti kegiatan literasi. Bahkan tak jarang kami mengundang kawan-kawan literasi dari Jakarta maupun tempat lain untuk hadir di pesantren ini,” ujar Bunda Dede Saadah, salah satu guru Pondok Pesantren Qothrotul Falah.

Pada kegiatan ini, diantara yang diselenggarakan adalah belajar tulis-menulis yang langsung dibimbing oleh Ketua Taman Baca Masyarakat (TBM) Indonesia Gol A Gong, nonton film, bedah buku dan sebagainya.

“al-Hamdulillah, kami mendapatkan banyak pengalaman di bidang literasi di sana. Walaupun cuma dua hari, namun banyak sekali kemanfaatan yang kami dapatkan. Insya Allah ini akan menjadi pengalaman yang penting bagi kami,” ujar Cahyati, santri yang turut kegiatan ini.

Semoga saja, kegiatan-kegiatan ini tidak hanya memantik semangat para santri yang turut serta di bidang literasi, melainkan juga para santri pada umumnya, sehingga kegiatan literasi benar-benar bisa hidup berkembang di Pondok Pesantren Qothrotul Falah. Semoga juga, kegiatan ini menjadi ciri khas pesantren ini.[nhm]