Semangat "45" Anggota Triping.com

Halqah Santri Triple Ing Community (Triping.Com) Pondok Pesantren Qothrotul Falah telah mendapatkan anggota baru Periode 2015-2016.Setelah dilakukan seleksi ketat oleh Tim Seleksi Triping, terpilihlah 13 anggota baru.

“Yang mendaftar cukup banyak, namun yang kami terima hanya 13 anggota baru.Tidak ada alasan khusus soal jumlah.Ini hanya terkait kebutuhan saja,” ujar Ketua Tim Seleksi Triping, Cahyati.

 Dikatakan mahasiswi penerima beasiswa di IAIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten ini, seleksi peserta didasarkan pada tiga kompetensi dasar: kemampuan menulis, kemampuan membaca buku dan kemampuan berbicara di depan khalayak.

 “Tiga hal inilah yang menjadi ciri Triping, yang karenanya menjadi ukuran penilaian.al-Hamdulillah, setelah diseleksi serius, terpilihlah 13 anggota baru itu. Tentu bukan anggota yang ideal, namun yang terbaik diantara yang baik,” ujarnya.

Menurut tim penulis buku Renungan Santri dan Rumah Kita ini, Tim Seleksi Triping yang beranggotakan Fitri Ariyanti dan Muh. Eman Sulaeman ini telah bekerja sebaik mungkin dan seoptimal mungkin.

“Kita telah melakukan yang terbaik, dengan harapan mendapatkan peserta yang juga terbaik.al-Hamdulillah, sejauh ini apa yang diharapkan sudah tercapai,” ujarnya.

Anggota Triping.Com yang baru terpilih ini, selama empat hari, Kamis-Ahad (20-23 Agustus 2015)akan menjalani Wokshop Triping bertemakan “Dari Triping untuk Dunia”.

“Kegiatan ini baru pertama kalinya diselenggarakan.Ini dilakukan karena melihat semangat anggota baru yang cukup bagus.Bahkan ketika dikumpulkan pertama kalinya untuk saling berkenalan, terlihat sekali semangat mereka yang sangat baik,” ujar Fitri Ariyanti, anggota Tim Seleksi.

Workshop yang akan diselenggarakan di Pondok Baca Qi Falah ini akan membincangkan beberapa tema utama, semisal Menyelami Samudera Triping Community, Menjadi Abadi dengan Menulis, Membaca untuk Menggenggam Dunia, Pada Lisanmulah Jatidirimu Terdapat, Relevansi Dunia Triping dengan Dunia Kampus, dan sebagainya.

“Ini untuk memberikan wacana awal tentang hal-hal yang akan dilakukan di Triping dan urgensi Triping bagi pengembangan karir akademik ke depan,” ujar Mahasiswa IAIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten ini.

Terpilih menjadi anggota Triping.Com, Ahmad Basith merasa bangga karena mampu bersaing dengan teman-teman lainnya yang turut berkompetisi. “al-Hamdulillah saya bisa menyelesaikan semua pertanyaan Tim Seleksi,” ujar siswa Kelas X SMA Qothrotul Falah ini.

Dia berharap banyak atas keiutsertaannya dalam Halqah Santri ini. “Semoga saya ke depan mampu berbicara di depan orang banyak dengan baik. Semoga saya juga bisa menambah wawasan yang bermanfaat,” kata santri asal Cileles Lebak ini.[nhm]