Empat Hari, Triping Community Adakan Workshop

Selama empat hari, Kamis - Ahad (20-23 Agustus 2015), Halqah Santri Triple Ing Community (Triping.Com) Pondok Pesantren Qothrotul Falah Cikulur Lebak Banten menyelenggarakan Workshop bertema “Dari TripinguntukDunia”. Kegiatan yang diselenggarakan di Pondok Baca Qi Falah ini diikuti oleh seluruh anggota Triping.Com.

“Seluruh anggota diwajibkan turut serta, baik yang baru maupun yang lama,” ujar Ketua Panitia Workshop, Cahyati.

 Dikatakan Mahasiswi IAIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten ini, Workshop ini untuk pertamakalinya diselenggarakan dalam sejarah Triping Community.

 “Triping.Com ini kan masih baru tiga tahun. Karenanya masih banyak hal yang perlu dilakukan sebagai terobosan. Dan workshop empathari ini termasuk salah satu langkah yang baru kali ini diselenggarakan,” ujar Penerima Beasiswa Bidik Misi 2015 ini.’

 Menurut Editor buku Rumah Kita: Catatan Santri Qothrotul Falah (2015) sekaligus tim penulis buku RenunganSantri: Esai-esai Seputar Problematika Remaja (2014) ini, kegiatan ini penting diselenggarakan untuk memberikan penguatan bagi para anggota terkait kegiatan-kegiatan utama yang diselenggarakan oleh Triping Community.

 “Kegiatan utama kita kan membaca, menulis dan bicara. Untuk itu, workshop ini diniatkan sebagai penguatan atau pemberian motivasi awal untuk mencapai tiga hal itu,” jelasnya.

 Materi yang disampaikan, jelasnya, diawali dengan arahan Pengasuh Pondok Pesantren Qothrotul Falah KH. Achmad Syatibi Hambali perihal pentingnya menekuni dunia keilmuan. Lalu dilanjut dengan tema Menyelami Samudera Triping Community oleh Pembina Triping Community Nurul H. Maarif, Abadi dengan Menulis (Cahyati), Miliki Dunia dengan Membaca (FitriAriyanti), Pada Lisanmu, Terdapat Jati Dirimu (Uyun R. Uyuni), Tak Cukup Membaca, Tapi Juga Menghafal (Muh. Rofki), Relevansi Dunia Triping dengan Dunia Kampus (AndriFauzi) dan Urgensi Teknologi untuk Penguasaan Pengetahuan (Ahmad Turmudzi).

“Semua pematerinya dari pesantren sendiri. Ini juga sesungguhnya sebagai latihan bagi kawan-kawan di pesantren untuk menyampaikan materi melalui sarana power point dan layar. al-Hamdulillah respon dari para peserta cukup baik,” ujarnya lagi.

Sebagai langkah awal dan sekaligus untuk memulai kegiatan Triping Community pada periode 2015-2016, para pemateri tampak puas dengan kegiatan ini.“Saya kira banyak hal yang bias dipetik dari kegiatan selama empat harii ni. Insya Allah sangat bermanfaat sebagai motivasi awal bagi para anggota yang ada,” jelas Andri Fauzi, salahs atu pemateri.

Hal sama disampaikan oleh beberapa peserta workshop. Misalnya, Ayu Sri Wahyuni menyatakan, kegiatan ini menambah wawasan baginya tentang pentingnya membaca, menulis dan juga berani bicara di depan banyak orang.

Bahkan menurut Rofiyanah, kegiatan ini sangat menarik. “Dari segi materi dan cara penyampaian menggunakan layar itus angat menarik,” ujar Siswi Kelas X SMA Qothrotul Falah ini. “Menambah wawasan. Ini menjadikan saya ingin berhasil sebagai penulis terkenal, ” imbuh Siti Mardiah, juga Siswi Kelas X.

Bagi Egi Rojian Hakim, Siswa Kelas XII SMA Qothrotul Falah, kegiatan ini memberikan warna yang berbeda bagi agenda Triping Community. “Kegiatan ini sudah woowww,” katanya.“Kegiatan ini sangat baik,” sambung Komarudin, Siswa Kelas XI SMA Qothrotul Falah.

Semoga saja, kegiatan perdana ini memberikan banyak kemanfaatan bagi para peserta, sehingga kedepan akan diselenggarakan lagi dengan lebih baik.[nhm]