Andri dan Lia Ikuti Pitch for Peace di Fairmont Hotel

Dua santri Pondok Pesantren Qothrotul Falah Cikulur Lebak Banten, Andri Fauzi dan Yulianingsih, mengikuti Pitch for Peace yang diselenggarakan oleh the WAHID Institute bekerja sama dengan Google Indonesia, Selasa, 1 September 2015 di Fairmont Hotel Jakarta.

Selain keduanya, kegiatan ini diikuti oleh para mahasiswa dan pelajar dari berbagai lembaga: Universitas Padjajaran Bandung, Universitas Indonesia Jakarta, Universitas Gajah Mada Yogyakarta, Universitas Hasyim Asyari Jombang, UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, dan lain sebagainya.  

Kegiatan ini menghadirkan pemateri dari dalam dan luar negeri. Mereka adalah KH. Husen Muhammad (Penulis buku Fikih Perempuan), Abdurahman Malek (London), Noor Huda (Rehabilitasi Teroris), Hanna (Google Malaysia), Densus 88 dan sebagainya.

Dikatakan Andri, kegiatan ini diniatkan sebagai upaya mensyiarkan toleransi atau perdamaian di dunia maya atau media sosial. “Karena banyak anak sekarang yang menggunakan internet atau dunia maya untuk hal-hal yang negatif,” ujar Mahasiswa IAIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten ini.

Menurut Andri, materi yang didapatkannya di sana antara lain tentang kesetaraan jender, penggunaan media sosial dan penanggulangan terorisme. “Materinya bagus, sayangnya menejemen waktunya kurang baik karena kurangnya sesi tanya jawab,” katanya mengritik.

“Juga jadual yang terlalu padat sedikit menyulitkan kita,” imbuhnya.
 
Andri berharap, dengan mengikuti kegiatan ini dirinya bisa ikut turut serta menyebarkan pesan perdamaian dan toleransi di dunia media sosial. “Semoga juga saya dapat memanfaatkan internet untuk hal-hal yang baik,” katanya.

Semoga saja, apa yang menjadi tergat utama kegiatan ini bisa tercapai.[nhm]