Refreshing Sembari Memikirkan Santri

Selama dua hari, Ahad-Senin (14-15 Juni 2015) Dewan Guru Pondok Pesantren Qothrotul Falah Cikulur Lebak Banten menyelenggarakan wisata alias refreshing sekaligus merapatkan program tahunan pesantren untuk ajaran 2015-2016.

Kegiatan ini diselenggarakan di Wisma Baka-baka Carita Banten, di pinggir Pasir Putih. “Kegiatan ini pada intinya untuk rapat persiapan menyongsong ajaran baru 2015-2016, sekaligus berwisata atau refreshing untuk menghilangkan kejenuhan selama setahun kemarin. Ya semacam wisata sambil mikirin santri lah,” ujar Ustadz Ahmad Turmudzi, salah satu presidium sidang.

Dikatakannya, kegiatan ini rutin diselenggarakan setiap akhir tahun guna menyambut awal tahun. “Kegiatan ini menjadi evaluasi setahun yang lalu dan penyiapan agenda setahun ke depan,” katanya.

Diantara yang menjadi agenda kegiatan di sana adalah memperbaiki AD/ART pesantren, memperbaiki aturan-aturan pesantren dan sekolah, juga merencanakan program kerja ekstrakurikuler setahun ke depan.

“Sebetulnya selain itu banyak lagi yang dibahas. Mudah-mudahan saja, dengan kegiatan ini kami lebih siap menghadapi tahun ajaran baru ke depan. Tanpa persiapan yang baik, semuanya niscaya akan berantakan,” katanya.

Di sela-sela kegiatan ini, para guru menjalani refreshing di pinggir pantai. Bermain-main dengan ombak menjadi menu utama. “Ya, ini kegiatan yang menyenangkan. Sambil memikirkan pondok setahun ke depan, kita bisa bermain-main santai di pantai,” ujar seorang ustadzah.

Ada yang berenang-renang, berselancar dengan banana boat, bermain volley, bermain layang-layang dan semacamnya. “Pokoknya acaranya seru dan tidak membosankan. Baik yang sudah berkeluarga maupun yang belum, semua menikmati kegiatan ini,” ujar Ustadzah Dede Saadah.[nhm]