Santri Fokus Jalani Ujian Akhir Smester Ganjil

Santri Pondok Pesantren Qothrotul Falah Cikulur Lebak Banten, baik yang MTs maupun SMA tengah fokus menjalani Ujian Akhir Smester (UAS) Ganjil Tahun Pelajaran 2015-2016. Kegiatan tengah tahunan ini diselenggarakan dalam dua tahap; ujian lisan dan ujian tulisan.

Ujian lisan yang meliputi Bahasa Arab, Bahasa Inggris dan Ibadah Amaliah, diselenggarakan pada Selasa-Sabtu (1-5 Desember 2015). “Tiga hari untuk ujian lisan utama dan dua hari untuk remedial. Ujian lisan ini sebagai persyaratan keikutsertaan pada ujian tulis,” ujar Nurul H. Maarif, Koordinator Ujian Lisan.

Saat berita ini dimuat, kegiatan ujian lisan telah selesai diselenggarakan dengan lancar. “al-hamdulillah semua berjalan lancar. Laporan hasil akhirpun sudah kami sampaikan ke kepala MTs dan SMA. Hanya saja belum semua santri lulus, sehingga dilakukan remedial tahap satu dan dua,” ujarnya.

Ujian lisan remedial selesai, maka pada Senin, 7 Desember 2015, para santri langsung fokus mengikuti Ujian Akhir Smester (UAS) Ganjil. “Insya Allah baru selesai pada 17 Desember 2015. Kurang lebih 10 hari,” ujarnya.

Kenapa hingga 10 hari? “Ini tak lain karena ujian diniah kitab kuning juga digabungkan sekalian pada ujian tulis, sehingga menambah jumlah mata pelajaran yang diujikan,” katanya lagi.

Untuk ujian tulis di hari pertama, secara umum semuanya berjalan lancar. Seluruh santri ikut serta dalam kegiatan ini, kecuali satu dua anak yang mengalami uzur sakit.

“Selain itu, bagi santri yang tidak mengikuti aturan kedisiplinan, maka tidak diperkenankan mengikuti ujian tulis di ruangan. Mereka dikumpulkan di tempat khusus dengan pengawasan yang juga khusus, guna melatih kedisiplinan mereka,” ungkapnya.

Semoga saja, kegiatan ini berjalan lancar hingga akhir. Dan insya Allah, sebagai penutup rangkaian kegiatan ini akan diselenggarakan Kemah Akbar pada akhir tahun. [nhm]