Kemah Akbar Iringi Liburan Santri

Usai menjalani Ujian Akhir Smester (UAS) Ganjil 2015-2016, baik ujian lisan maupun tulisan, santri Pondok Pesantren Qothrotul Falah Cikulur Lebak Banten mengadakan Kemah Akbar selama tiga hari, 20 s.d. 22 Desember 2015, di Bumi Perkemaan Cibadak Lebak.

Ini kegiatan rutin akhir tahun yang hampir tidak pernah terlewatkan. Bahkan ini menjadi kegiatan wajib sebagai bentuk refreshing santri setelah menjalani rangkaian ujian yang melelahkan sekaligus sebagai penutup tahun. Ini juga menjadi penanda liburan smester ganjil segera datang.

Pada perkemahan ini, banyak agenda yang diselenggarakan, baik pembekalan materi oleh pemateri-pemateri yang handal, game-game, maupun kegiatan positif lainnya. Mereka banyak belajar kemandirian dan ketahanan menghadapi lingkungan, apalagi kegiatan ini dilakukan pada musim penghujan.

Namun demikian, para santri tampak antusias menjalani kegiatan ini. Kendati banyak ujian, mereka tampak menikmati rangkaian kegiatan yang disuguhkan oleh Dewan Kerja Bantara.

Selepas perkemahan ini, tepatnya pada Kamis, 24 Desember 2015, mereka menerima raport smester ganjil. “Ini menjadi bukti dan ukuran sejauh mana kalian telah belajar selama smester ganjil,” ujar Kepala MTs Qotrotul Fala, Ahmad Turmudzi, saat memberikan sambutan pada pembagian raport di Majelis Putera itu.

Kiai Aang Abdurohman, S.E., selaku Kepala SMA Qothrotul Falah berharap para santri terus meningkatkan ketekunan belajarnya. “Jangan santai-santai dalam belajar. Bahkan liburpun harus tetap belajar,” ujarnya.

Usai pengumuman juara kelas dan pembagian raport oleh wali kelas, seluruh santri diliburkan dan kegiatan KBM diistirahatkan hingga 4 Januari 2016 mendatang. Semoga liburan kali ini memberikan semangat baru bagi santri dalam menunaikan tugas belajarnya.[nhm]