OPPQ Award Ditutup Perayaan Maulid

Sebagai penutup kepengurusan Organisasi Pondok Pesantren Qothrotul Falah (OPPQ) Periode 2015-2016, diadakanlah OPPQ Award, pada 4-7 Januari 2016. Ini ajang tahunan yang niatnya sebagai sarana refreshing bagi para santri.

Rentetan OPPQ Award kali ini adalah class meeting yang berisikan berbagai perlombaan baik olah raga maupun intelektualitas, pentas seni, muhadoroh akbar dan diakhiri perayaan Maulid Nabi.

Pada ajang OPPQ Award ini, maka diselenggarakan pemberian penghargaan bagi para santri. Misalnya, penghargaan untuk santri terbaca, terrajin, terlelet, terwangi dan sebagainya. “Ini ajang refreshing namun insya Allah mengandung banyak pelajaran bagi kita semua,” ujar Kepala MTs Qothrotul Falah saat memberikan sambutan.

“Mungkin ada yang bangga, ada yang malu dan lain sebagainya. Namun semua itu adalah pelajaran penting,” ujarnya.

Tak hanya para santri yang mendapatkan penghargaan dari para pengurus, para penguruspun mendapatkan penghargaan serupa dari para guru, dengan kategori yang sama.

Selain pemberian penhargaan, juga diselenggarakan muhadoroh akbar menggunakan bahasa Arab, Inggris, Indonesia dan Sunda. Ini sebentuk pembelajaran ceramah bagi santri-santri yang terpilih pada muhadoroh mingguan.  

“al-Hamdulillah potensi-potensi yang ada membanggakan, kendati masih ada kekurangan di sana-sini yang perlu diperbaiki. Indah barangkali jika ke depan kita bikin Komunitas Dai-dai Qothrotul Falah dengan berbagai karakternya. Mereka ini kita tawarkan ke masyarakat sesuai seleranya di ajang-ajang PHBI,” ujar Koordinator Majelis Pembimbing Santri, Nurul H. Maarif merespon kegiatan itu.

Katanya, sayang jika potensi-potensi ini dibiarkan begitu saja tanpa dikembangkan lebih jauh lagi. “Insya Allah, jika ada kesempatan yang  baik, kita akan kelola potensi ini dengan sebaik-baiknya,” ujarnya.

Kegiatan Gebyar OPPQ 2016 ini diakhiri dengan penyelenggaraan maulid Nabi. Bertindak sebagai penceramah adalah Kiai Aa Hidayat, S.Ag. Dalam ceramahnya beliau menyampaikan sejarah kelahiran nabi berikut silsilahnya.

Sebelum ceramah inti, Pengasuh Pondok Pesantren Qothrotul Falah KH. Achmad Syatibi Hambali juga memberikan orasi perihal pentingnya para santri meneladani perilaku Muhammad sebagai teladan kehidupan.

Dan usai penyelenggaraan OPPQ Award ini, maka KBM MTs dan SMA Qothrotul Falah kembali berjalan normal sebagaimana biasanya.[nhm]