Biar Nyaman, Masjid Qothrotul Falah Direhab

Masjid Qothrotul Falah Cikulur Lebak Banten telah berdiri sejak 1991. Di usianya yang telah memasuki 25 tahun, masjid ini nyaris tak pernah direhab serius, kendati telah terjadi kerusakan di berbagai sisinya.

Karena berbagai kerusakan yang ada, sekaligus untuk kenyamanan ibadah para santri dan warga sekitar, maka pada Januari 2016 ini pihak Pengelola Pondok Pesantren Qothrotul Falah melakukan perbaikan serius.

Diantara yang diperbaiki adalah genting, jendela-jendela, keramik, kamar mandi, pengimaman, dan sebagainya. “Insya Allah ini dilakukan untuk kenyamanan jamaah. Mudah-mudahan santri dan warga kian betah di masjid ini untuk menjalankan ibadah dan kegiatan lain,” ujar Bunda Saadah, salah satu pengelola pesantren.

Bagi pesantren, Masjid Qothrotul Falah adalah sentra kegiatan para santri. Shalat berjamaah, pengajian al-Qur’an, pengajian kitab kuning, pengajian majlis taklim, diskusi-diskusi keislaman, pengajian wali santri, termasuk temu wali santri dan kegiatan belajar mengajar seringkali di selenggarakan di tempat ini.

Karena keterbatasan dana pihak pengelola masjid, maka baru pada tahun inilah masjid ini bisa direhabilitasi. Pengerjaannya diperkirakan memakan waktu hingga beberapa bulan ke depan.

Bagaimana kegiatan santri?

Untuk santri puteri, kegiatan apapun tidak mengalami gangguan sama sekali, karena mereka memiliki majlis tersendiri yang sudah direhab dua tahun sebelumnya. Santri laki-lakilah yang kali ini harus dialihkan kegiatannya.

“Iya, santri laki-laki dialihkan kegiatannya. Mereka berjamaah dan menjalankan kegiatan lain di Ruang Kelas VIII MTs Qothrotul Falah. Ini relatif ukuran ruangnya cukup besar, karena asalnya perpustakaan. Karena kekurangan ruangan, perpustakaan ini digunakan. Saat ini, kelas VIII dialihkan ke ruang lain ala kadarnya,” ujar Bunda.

Inilah kondisi pesantren ini, yang masih kekurangan banyak ruangan. “Namun insya Allah, segala kegiatan rutin santri tidak terganggu. Hanya pengalihan tempat saja untuk sementara,” ujarnya.

Insya Allah, jika majlis ini sudah selesai direhabilitasi, kegiatan akan berjalan normal kembali dan bahkan lebih nyaman lagi.[nhm]