Serah-terima OPPQ Baru Berlangsung Khidmat

Kepengurusan Organisasi Pelajar Pondok Pesantren Qothrotul Falah (OPPQ) Masa Khidmat 2015-2016 berakhir sudah. Sebagai estafet kepengurusan, maka dilantiklah OPPQ Masa Khidmat 2016-2017, yang dikomandani oleh Asep Komarudin (Putera) dan Aenia Salsabila (Puteri).

Pelantikan sekaligus serah terima jabatan dari OPPQ lama ke OPPQ baru dilaksanakan pada Kamis, 4 Februari 2016 di Lapangan Upacara Pondok Pesantren Qothrotul Falah, malam hari. Suasana berlangsung khidmat dan berbeda dari biasanya.

“Saya merasa bangga dilibatkan pada acara semeriah ini. Pelantikan seperti ini baru kali ini dilakukan. Ini berkat kerja keras semua pihak, baik Majelis Pembimbing Santri (MPS), Pembina OPPQ, OPPQ lama maupun yang baru,” ujar Ketua Panitia Pelantikan, Nur Halimah, yang juga Wakil Ketua OPPQ Puteri Masa Khidmat 2015-2016.

Diantara perbedaan yang dilakukan, pelantikan kali ini diselenggarakan di ruang terbuka (out door) dan rangkaian kegiatannya dibikin secara cermat dari awal hingga akhir. Bahkan dilakukan gladi resik segala. Pengasuh juga turun tangan memberikan sambutan secara langsung.

“al-Hamdulillah, pelantikan kali ini terasa berbeda. Semoga ini menjadi tradisi yang baik ke depannya. Kita memang harus membiasakan pelantikan dengan suasana yang resmi dan serius, sebagai langkah awal kepengurusan. Bahkan banner-banner ucapan selamat terlihat di berbagai ruang, disampaikan oleh banyak pihak,” ujar Pembina OPPQ Putera, Ustadz Agus F. Awaluddin.

Dalam tausiahnya, Pengasuh memberikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada Pengurus OPPQ demisioner. “Ucapan terima kasih disampaikan pada pengurus OPPQ sebelumnya. Tanpa peran kalian, tidak akan ada pergerakan di pesantren ini. Jasa kalian sungguh besar dan tak ternilai,” ujar Pengasuh Pesantren, KH. Achmad Syatibi Hambali.

Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kab. Lebak ini berpesan, setelah tidak menjabat lagi, pengurus lama semestinya kembali menjadi anggota seperti yang lainnya. “Semua peraturan pesantren berlaku pada kalian,” katanya.

Kepada Pengurus OPPQ Masa Khidmat 2016-2017, beliau berpesan agar mereka bekerja keras mensukseskan seluruh program yang dicanangkan. “Insya Allah dengan keseriusan, semua akan berjalan lancar. Saya berharap, pengurus yang baru lebih baik lagi dari pengurus yang lama. Pertahankan kebaikan yang lama dan koreksilah kekurangannya,” ujarnya.

“Jangan lupa, hilangkan hukuman yang bersifat kekerasan. Biasakan menghukum dengan hukuman yang mendidik,” katanya lagi.

Semoga saja, apa-apa yang menjadi harapkan pengasuh, Pembina dan seluruh dewan guru bisa terlaksana dengan baik. Amin![nhm]