Aktivis Rumah Dunia Ajari Penulisan Cerpen

Selama dua hari, Jum’at-Sabtu (11-12 Maret 2016), dua Aktivis Rumah Dunia (RD) Serang Banten, Jeck Alawi dan Daru Bursalino memberikan pelatihan penulisan cerita pendek (cerpen) pada santri Pondok Pesantren Qothrotul Falah Cikulur Lebak Banten.

Bertempat di Pondok Baca Qi Falah, kegiatan yang diinisiasi beberapa pendamping santri seperti Cahyati, Uyun R. Uyuni dan Fitri Ariyanti, ini dihadiri oleh 20-an santri, baik MTs maupun SMA Qothrotul Falah.

“Ini diniatkan supaya santri-santri punya karya, sehingga ketika penyelenggaraan wisuda tahun ini ada karya nyata yang diluncurkan lagi, seperti yang sudah berlangsung selama ini,” ujar Uyun R. Uyuni.

“Rencananya, selain akan meluncurkan kumpulan cerpen ini, kita juga akan meluncurkan Renungan Santri II. Untuk yang cerpen sedang dilakukan editing sedangkan yang Renungan Santri II sudah selesai dan dalam tahap pencetakan,” ujar Cahyati.

Terkait pelatihan cerpen ini, dua aktivis yang berada di bawah bimbingan Gol A Gong ini sengaja dihadirkan, karena dinilai memiliki pengalaman yang baik di bidang ini juga sering menulis di berbagai media massa.

“Apalagi mereka juga kawan-kawan kita di IAIN Sultan Maulana Hadanuddin Serang Banten, sehingga memudahkan kita menjalin komunikasi untuk mensukseskan kegiatan ini,” ujar Fitri Ariyanti.

Dikatakan Jeck Alawi, para santri terlihat antusias mengikuti kegiatan dua hari ini, baik yang teori maupun praktik. “Mereka kelihatan semangat. Dan bagus juga mereka langsung pada paham ketika praktik menulis cerpen. Ini memudahkan kita,” ujarnya.

Rara, santri dari Sulawesi yang turut ikut kegiatan ini menyampaikan kegembiraannya. “Acaranya seru,” jelasnya. Sebagai tugas praktik, Rara menulis cerpen berjudul “Goresan Kegidupan”.

Semoga saja, inisiasi penulisan cerpen ini menjadi stimulus bagi kegiatan-kegiatan literasi berikutnya. “Saya berharap, kegiatan literasi di pesantren ini benar-benar berkembang dan menjadi ciri khas yang nyata, dan merembet pada seluruh santri,” ujar Nurul H. Maarif, Koordinator Majelis Pembimbing Santri (MPS) Pondok Pesantren Qothrotul Falah.[nhm]