Jelang UN, Santri Ritual Ziarah

Siswa-siswi Kelas XII SMA dan IX MTs Qothrotul Falah Cikulur Lebak Banten melakukan ziarah spiritual ke Makam Sultan Maulana Hasanuddin Banten dan Makam Luar Batang Jakarta, Senin (28/3/2016).

Menggunakan bus besar, mereka didampingi oleh Kepala MTs Qothrotul Falah, Ustadz Ahmad Turmudzi, S.Pd. dan Kepala SMA Qothrotul Falah Kiai Aang Abdurohman, S.E. Turut mendampingi juga sejumlah guru.

Kegiatan ini rutin dilakukan tiap tahun, dengan lokasi tujuan berbeda-beda. Selain mengenalkan mereka pada ulama-ulama terdahulu, kegiatan ini juga diniatkan untuk memberikan kekuatan batin jelang pelaksanaan Ujian Nasional (UN) 2016.

Mereka tampak antusias mengikuti rangkaian wisata spiritual sehari penuh ini. Dengan mengenakan sarung untuk santri laki-laki, mereka berharap kegiatan ini menghadirkan banyak kemanfaatan.

Mininalnya, mereka bisa mengetahui makam-makam leluhur mereka di Nusantara ini. Ini akan menjadi napak tilas yang sangat penting bagi kesantrian mereka.

Semoga saja, apa yang mereka harapkan bisa mereka dapatkan. Semoga juga, pelaksanaan UN, yang insya Allah akan diselenggarakan mulai Senin, 4 April 2016 s.d. selesai ini berjalan lancar dan sesuai yang diharapkan.[nhm]