“Pemulung Kebenaran Terpinggirkan” Kunjungi Qothrotul Falah

Pengasuh Pondok Pesantren Dar al-Tauhid Arjawinangun Cirebon, KH. Husein Muhammad beserta keluarganya mengunjungi Pondok Pesantren Qothrotul Falah Cikulur Lebak Banten, Senin, 28 Maret 2016 sore.

Kiai Feminis yang dijuluki “Pemulung Kebenaran Terpinggirkan” ini didampingi isterinya, Ny. Hj. Lilik Nihayah Fuadi, puteri perempuannya, Layali Hilwah. Tampak turut juga adik-adiknya, Dr. KH. Ahsin Sakho Muhammad, M.A. beserta isteri, Ny. Ummu Habibah Mahfudh; dan KH. Mahsun Muhammad.

Kehadiran penulis buku Fikih Perempuan, Islam Agama Ramah Perempuan, Sang Zahid, Ijtihad Kiai Husein, Gus Dur dalam Obrolan Gus Mus, dll, di Pondok Pesantren Qothrotul Falah sesungguhnya tak disengaja. Beliau punya agenda utama silaturahim ke Pondok Pesantren al-Mizan Lebak, pimpinan KH. Anang Azhari Alie.

Usai silaturahim itu, Kiai Husein yang juga pernah aktif di Komnas Perempuan dan pendiri Fahmina Insitute Cirebon ini “disabotase” oleh Nurul H. Maarif untuk mampir di pesantren yang diasuh oleh Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kab. Lebak itu.

Di Pondok Pesantren Qothrotul Falah, mereka disambut oleh Pimpinan Pesantren, KH. Achmad Syatibi Hambali beserta isteri; dan Nurul H. Maarif, santri Kiai Husein di Pondok Pesantren Dar al-Tauhid pada 1995-1998.

Kunjungan Kiai Husein ini sayangnya berlangsung singkat, karena waktunya yang tidak longgar. Di sela kunjungan singkat itu, Nurul H. Maarif (NHM) memberikan kenang-kenangan buku Renungan Santri: Esai-esai Seputar Problematika Remaja, yang ditulis oleh santri-santri Pondok Pesantren Qothrotul Falah yang tergabung dalam Halqah Santri Tiple Ing Community (Triping Com).

“Ini penting. Otak anak-anak akan berkembang melalui hal-hal seperti ini. Ini pasti diinisiasi oleh anak-anak muda,” katanya merespon buku yang baru diterimanya.

NHM juga menceritakan keinginannya untuk mendorong anak-anak santri berbakat secara intelektual namun lemah secara ekonomi untuk terus melanjutkan pendidikannya ke jenjang yang lebih tinggi.

“al-Hamdulillah, sudah puluhan santri yang kita dorong beasiswa. Ada yang beasiswa kampus, Bidik Misi, yayasan dll,” ujar NHM.

“Insya Allah akan banyak yang membantu itu,” timpal Kiai Husein.

Semoga saja, kunjungan yang sangat singkat itu menghadirkan manfaat yang besar bagi para santri. Terima kasih Kiai Husein![nhm]