Aneka Lomba Ramaikan Rajaban

Untuk meramaikan kegiatan Rajaban atau Isra’ Mi’raj Nabi Muhammad SAW, Organisasi Pelajar Pondok Pesantren Qothrotul Falah (OPPQ) Cikulur Lebak Banten menggelar aneka perlombaan yang berkaitan dengan momen bersejarah bagi umat Islam ini.

Selama dua hari, Kamis-Jumat (5-6 Mei 2016), perlombaan yang digelar dan ditandingkan antar kobong, antara lain, lomba Syarhil Quran, pidato bertema Isra’ Mi’raj, drama islami dan lain sebagainya. Para santri tampak antusias menjalankan kegiatan ini.

Khusus untuk drama islami, banyak tema yang ditampilkan; baik yang serius maupun yang sekedar lucu-lucuan. Aneka seni juga ditampilkan sebagai selingan. Merespon drama islami ini, Ustadz Agus F. Awaluddin menyampaikan kegembiraan dan kebanggaannya.

“Saya sungguh tidak menyangka. Ini kan proses latihannya tidak lama, namun hasilnya membanggakan kendati masih ada beberapa hal yang perlu dimaksimalkan lagi,” ujar Pembina OPPQ Putera ini. “Inilah santri yang bisa segalanya,” imbuhnya.

Sebelum proses perlombaan dimulai, kegiatan dibuka dengan pawai PHBI ke sekeliling kampung. Para santri menyuguhkan berbagai tampilan. Bahkan mereka juga menampilkan pakaian-pakain adat Sunda.

Sebagai puncak kegiatan Rajaban ini, diselenggarakanlah tabligh akbar dengan menghadirkan penceramah K. Ahmad Mubin dari Gunung Kencana Lebak Banten, yang juga alumni Pondok Pesantren Qothrotul Falah.

Dalam uraiannya, ia banyak menceritakan perjalanan Nabi Muhammad dari Masjidil Haram ke Masjidil Aqsha, hingga ke Sidratul Muntaha. Semuanya masuk akal, katanya, karena Muhammad diperjalankan oleh Allah Swt, bukan jalan sendiri. Ini sebagaimana keterangan dalam Qs. al-Isra’ ayat 1.

Sudah semestinya, hikmah-hikmah di balik peristiwa ini, terutama perihal keutamaan shalat, menjadi perhatian para santri untuk diamalkan dengan semaksimal mungkin.[nhm]