Puluhan Santri Ikuti Pesantren Kebangsaan

Selama tiga hari (24-26 Juni 2016), tiga belas santri Pondok pesantren Qothrotul Falah Cikulur Lebak Banten mengikuti Pesantren Kebangsaan yang diselenggarakan oleh Forum Komunikasi Remaja Masjid Lebak (FKRML) di Masjid Agung al-A’raf Lebak Banten.

Mereka, antara lain, Cahyati, Fitri Ariyanti, Nining Isabel, Upiatul Hasanal, Ahmad Basith, Muhammad Sofyan, Muhammad Eman Sulaiman dan lain sebagainya. Mereka tampak menikmati isu-isu yang disampaikan oleh para pemateri.

Diantara materi yang disampaikan, adalah tentang kerahmatan Islam, kebangsaan, kerukunan, perdamaian, pilkada damai, pemilu, kontra radikalisme dan masih banyak lagi. Tema-tema ini diangkat dengan niatan untuk membentengi para remaja muslim di Kab. Lebak dari tindakan dan pemikiran radikal yang membahayakan keutuhan bangsa.

Pemikir-pemikir muda muslim di Banten terlibat dalam sebagai pemateri. Misalnya, Iyan Fitriyana, S.Hi., M.Pd., Sehabudin, M.Pd., Dr. KH. Amasy Tajuddin, Deden M. Fatih, M.Si., KH. Asep Saefullah, M.Pd., Siti Nurasiah, MM., Nurul H. Maarif, Muh. Husien, M.H., Ucuy Masyhuri dan sebagainya.

Semoga saja, generasi muda muslim memiliki kesadaran baru dalam beragama secara ramah dan menyenangkan setelah mendapatkan pelatihan selama tiga hari ini. Dan inilah sesungguhnya yang dibutuhkan kini, untuk mewujudkan kehidupan berbangsa dan bernegara secara harmonis.[nhm]