Yai Kafa Bih Mahrus: “Pondok Tempat Terbaik”

Pengasuh Pondok Pesantren Lirboyo Jawa Timur, KH. Kafabih Mahrus berkesempatan hadir di Pondok Pesantren Qothrotul Falah Cikulur Lebak Banten, Sabtu, 6 Agustus 2016 siang. Isterinya, Nyai Azzah Laila Muhammad, juga turut hadir pada kesempatan ini.

Kehadiran Yai Kafa tidak bisa dilepaskan dari peran Putera Pertama Pengasuh Pondok Pesantren Qothrotul Falah, Kiai Aang Abdurohman, S.E., yang juga murid beliau sekaligus alumni di pesantrennya.

Oleh pihak pesantren, Yai Kafa yang baru pertama kali menyambangi Pondok Pesantren Qothrotul Falah ini didaulat memberikan tausiah di hadapan ratusan santri dan alumni Lirboyo sekitar wilayah Banten, di Majelis Putera Qothrotul Falah.

Diantara tausiah Yai Kafa yang penting dicatat, adalah, pentingnya pondok pesantren sebagai tempat penyemaian akhlak yang mulia. Bahkan menurut Yai Kafa, pondok adalah tempat terbaik di atas bumi ini.

Untuk itu, mengutip Hadis Rasulullah Saw, Yai Kafa menyatakan, jika Allah Swt menghendaki kebaikan, maka kita akan diberi kesenangan pada urusan agama. Man yurid Allah bihi khairan yufaqqihhu fi al-din.  Dan diantara tempat menuntut ilmu agama adalah di pondok pesantren, karenanya ia merupakan tempat terbaik.

Dengan demikian, santri-santri yang sungguh-sungguh menuntut ilmu di pondok pesantren adalah manusia-manusia yang beruntung lahir batin.[]