Doa Bersama untuk Pahlawan Kemerdekaan

Santri Pondok Pesantren Qothrotul Falah Cikulur Lebak Banten berdoa bersama untuk mengenang perjuangan para pahlawan kemerdekaan, Selasa, 16 Agustus 2016, malam. Bertempat di Majlis Putera Qothrotul Falah, doa bersama ini dipimpin oleh Kiai Aang Abdurohman, S.E.

Sebelum berdoa, mereka melakukan istighatsah bersama dan membaca Surah Yasin untuk kebaikan bangsa ini ke depan. Termasuk juga untuk kebaikan pesantren dan para penghuninya. Selain mereka, tampak hadir juga dewan guru mendampingi mereka.

Dikatakan Kiai Aang, kegiatan istighatsah dan doa bersama ini penting dilakukan sebagai bentuk dari kecintaan kita pada para pejuang dan negeri ini, di tengah banyaknya kelompok baru yang mencoba merongrong NKRI.

“Sudah jelas, Rasul mengatakan hubbul wathan min al-iman. Mencintai tanah air itu sebagian dari iman. Dan ini sudah jelas, nggak perlu diperdebatkan lagi,” ujar alumni Ponpes Lirboyo Kediri dan Ponpes Tebuireng Jombang ini.

Kiai Aang menekankan pada para santri untuk benar-benar mengabdikan dirinya bagi nusa dan bangsa. “Lihat saja, sebagian diantara kita yang mengharamkan upacara karena ada penghormatan pada bendera. Padahal sesungguhnya, itu hanyalah simbol untuk menghormati perjuangan para pahlawan,” katanya.

Untuk itu, kegiatan doa bersama di malam kemerdekaan ini sudah semestinya diselenggarakan secara rutin. Insya Allah banyak pelajaran penting yang didapat dari kegiatan pengenangan sejarah semacam ini.[nhm]