Ajarkan Santri Mengenal Pekerjaan

Jum’at, 2 September 2016 pagi, Pondok Pesantren Qothrotul Falah Cikulur Lebak Banten mengadakan kerja bakti, yakni mengecor lantai dua gedung Pondok Baca Qi Falah. Gedung ini dibikin dua lantai untuk memaksimalkan pelayanan bagi para santri.

Rencananya, lantai pertama akan digunakan untuk ruang perpustakaan Pondok Baca Qi Falah. Sedang lantai dua akan digunakan untuk ruang multimedia dan perpustakaan digital. Adapun pembiayaan pembangunan ini dilakukan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Nasional Republik Indonesia, karena ini bantuan untuk SMA Qothrotul Falah.

“Rencananya ke depan memang begitu. Dua lantai akan digunakan secara maksimal untuk kepentingan peningkatan intelektualitas santri. Untuk itu kami terus-menerus melakukan berbagai upaya perbaikan,” ujar Nurul H. Maarif, Koordinator Majelis Pembimbing Santri (MPS) Pondok Pesantren Qothrotul Falah.

Direncanakan, bulan depan pembangunan sudah selesai dikerjakan, sehingga segera bisa digunakan semestinya. “Untuk sementara, perpustakaan kita pindah ke ruang Lab IPA kendati ala kadarnya, karena kebutuhan membaca santri tidak boleh berhenti,” ujarnya.

“Segera setelah pembangunan selesai, perpustakaan akan dipindahkan ke tempat semula,” imbuhnya.

Dan untuk mempercepat pembangunan, terutama dalam hal pengecoran, selain melibatkan tukang-tukang yang professional, pihak pesantren juga melibatkan santri-santri dan guru Pondok Pesantren Qothrotul Falah.

“Selain untuk mempercepat proses pengecoran, juga untuk melatih para santri bekerja. Biar mereka tahu, hidup tidak cukup hanya dengan belajar, melainkan juga bekerja. Alhamdulillah mereka antusias, kendati ya banyak yang tidak mau bekerja kasar,” katanya.

Semoga saja, apa yang dilakukan pihak pesantren ini positif untuk perkembangan keilmuan santri.[nhm]