Semarak Santri Nyate Bersama

Idul Adha 1437 H kali ini, yang jatuh pada 12 September 2016, dirayakan oleh santri Pondok Pesantren Qothrotul Falah Cikulur Lebak Banten dengan kemeriahan. Banyak kegiatan yang diselenggarakan oleh Organisasi Pelajar Pondok Pesantren Qothrotul Falah (OPPQ) untuk meramaikan momen tahunan ini.

Diawali dengan pawai santri keliling kampung, lalu dilanjut dengan berbagai lomba islami, semisal lomba takbir, lomba ceramah keagamaan bertema kurban dan ibadah sosial, lomba syarhil quran, dan banyak lagi. Lalu dilanjut shalat Idul Adha di Lapangan upacara yang diimami oleh Ustadz Udong Khudori dan khatib Ustadz Yusuf Umar Faruq dari Kudus.

Usai shalat Idul Adha berjamaah, baik santri maupun warga sekitar bersama-sama makan ketupat sebagai tradisi lokal yang terus dilanggengkan. Ketupat dengan laut opor ayam dan daging sapi ini kian menyemarakkan dan mengakrabkan suasana lebaran kali ini.

Yang tak kalah penting, usai pelaksanaan shalat id ini, seluruh santri tanpa kecuali beramai-ramai lomba nyate daging sapi. Mereka dibagi perkamar. Dengan kemampuan ala kadarnya yang mereka miliki, mereka membuat aneka menu masakan dengan bahan daging sapi.

Kegiatan ini dilombakan sebagai bagian dari rangkaian perlombaan hari besar Islam ini. Mereka tampak antusias dan bersemangat. Dan dewan guru bertindak sebagai jurinya, sekaligus bertugas mencicipi aneka masakan mereka.

Untuk kegiatan lomba tata boga ini, pihak pesantren meniatkan supaya mereka terlatih untuk mandiri dan belajar untuk membuat menu. Selain itu, kegiatan ini juga untuk kian mengakrabkan hubungan antara santri yang satu dengan santri yang lainnya.[nhm]