Dosen UIN Jakarta Ajari Santri Menulis, Wirausaha dan Bank Sampah

Sejumlah Dosen Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Ciputat memberikan bimbangan penulisan kreatif, wirausaha dan pengelolaan bank sampah. Kegiatan yang dimotori Muhammad Zen, ini diselenggarakan di ruang Perpustakaan Qothrotul Falah, Selasa-Rabu, 27-8 September 2016.

Untuk kegiatan tulis-menulis, mereka mendatangkan Bang Alul, yang konon telah menulis 350 buku lebih. Kegiatan ini dikhususkan bagi para santri, terutama yang tergabung dalam Halqah Santri Triple Ing Community, komunitas yang tugasnya membaca, menulis dan belajar bicara.  Juga sebagian diikuti oleh aktivis perpustakaan.

Demikian juga Bank Sampah, yang lebih banyak diikuti para santri, karena ke depannya diniatkan supaya mereka mampu mengelola sampah-sampah yang setiap hari menumpuk di lingkungan pesantren. Kegiatan pengelolaan sampah ini untuk yang kedua kalinya, setelah sebelumnya juga dibina oleh Tim LPBI PBNU Jakarta. Sampah-sampah itu sebagian juga dijadikan aneka kerajinan tangan.

Untuk kegiatan wirausaha, peserta yang dihadirkan lebih banyak warga sekitar, karena diniatkan untuk memberikan input tambahan bagi perekonomian keluarga mereka. Para dosen UIN Jakarta ini memberikan banyak teori tentang kewirausahaan, termasuk melalui Bookpreneur.

Semoga saja, kegiatan demikian memberikan banyak kemanfaatan bagi para peserta, sehingga mampu memperbaiki taraf kehidupan mereka.[nhm]