Workshop Penulisan Karya Ilmiah

Siswa-siswi Kelas XII SMA Qothrotul Falah Cikulur Lebak Banten mengikuti Workshop Karya Tulis Ilmiah, Rabu-Jum’at, 2-3 November 2016, bertempat di Perpustakaan Qothrotul Falah. Kegiatan KTI memang menjadi agenda rutin tahunan, yang tidak pernah dialpakan.

Menurut Ketua Panitia Karya Tulis Ilmiah (KTI) Cahyati, kegiatan ini diniatkan untuk memberikan pembekalan pembuatan karya tulis. “Karena tidak semua santri berkecimpung dalam belajar kepenulisan, makanya workshop ini dinilai perlu untuk memudahkan santri menjalankan salah satu tugas akhir sekolahnya ini,” ujar mahasiswa IAIN Sultan Maulana Hasanuddin.

Workshop dimulai malam kamis pukul 21.30 WIB diawali penyampaian sambutan Kepala SMA Qothrotul Falah, Kiai Abdurrohman, sekaligus membuka kegiatan workshop KTI. Dalam sambutannya beliau memotivasi peserta KTI untuk bisa menjalankan kegiatan ini dengan semaksimal mungkin.

Materi yang disampaikan dalam workshop merupakan materi-materi dasar kepenulisan. Di malam pertama, disampaikan mengenai cara menggali ide dan menulis kreatif yang disampaikan oleh Nurul H. Ma’arif. Di malam kedua, disampaikan mengenai cara pembuatan outline dan ketentuan pengetikan KTI oleh Cahyati. Dan masih banyak materi lainnya.

Target besar dari kegiatan ini adalah penulisan buku. “Rencananya, KTI akan dibimbing oleh guru-guru yang kompeten. Nanti KTI akan dibukukan dan akan dilaunching pada wisuda mereka,” ujar Cahyati.[NHM/AY]