Pesantren Bangun Tiga Rumah Guru Lagi

Untuk memberikan kenyamanan pada guru-guru Pondok Pesantren Qothrotul Falah Cikulur Lebak Banten, pihak pengelola kini tengah membangun tiga rumah guru, yang lokasinya di seberang lapangan bola, di belakang asrama guru yang lama.

“Ini untuk kenyamanan mereka. Jujur saja, kami belum mampu memberikan yang terbaik bagi guru-guru yang telah berjuang keras mendidik santri siang malam. Namun setidaknya, inilah yang bisa kami lakukan saat sekarang ini. Semoga ke depan bisa memberikan yang lebih baik lagi,” ujar Bunda Saadah, salah satu pengelola pesantren.

Dengan penambahan tiga rumah guru ini, berarti seluruhnya pengelola telah membangun delapan rumah guru. “Sebelumnya telah ada lima rumah guru, dan ini kami menambah tiga lagi. Total sudah delapan rumah guru. Lumayan untuk ukuran pesantren kecil seperti ini,” ujarnya.

Dikatakan Bunda, rumah-rumah guru ini diprioritaskan untuk guru-guru yang telah menikah atau akan segera menikah. “Diutamakan yang sudah punya anak. Mereka butuh kenyamanan, karena itu kami sebisanya membuatkan rumah yang nyaman. Ada ruang tidur, aula, dapur, juga taman ala kadarnya,” katanya lagi.

Dana pembangunan ini bersumber dari pesantren sendiri. “al-Hamdulillah kami dikit-dikit bisa nabung untuk pembangunan rumah guru ini. Tidak ada bantuan dari manapun dan siapapun. Kami benar-benar swadaya,” ujarnya.

“Karena itu mohon doa dari semua pihak, semoga proses pembangunan ini benar-benar lancar tanpa kendala apapun. Semoga juga kami bisa terus membangun sarana-sarana lain yang dibutuhkan,” katanya berharap.

Semoga saja, pembangunan rumah guru ini memberikan manfaat yang lebih bagi mereka, sehingga proses pengajaran di pesantren menjadi lebih optimal.[nhm]