Santri Ikuti Ujian Sekolah dan Pondok

Selama kurang lebih 12 hari, sejak 8 s.d. 20 Desember 2016, seluruh santri Pondok Pesantren Qothrotul Falah Lebak Banten mengikuti kegiatan Ujian Akhir Smester (UAS) Ganjil Tahun 2016-2017 MTs dan SMA Qothrotul Falah, juga Madrasah Diniah (MADIN) Qothrotul Falah.

Kegiatan rutin tengah tahunan ini dimulai dengan pelaksanaan Ujian Lisan dan Ujian Praktik, yang meliputi ujian Bahasa Inggris, Bahasa Arab dan Praktik Ibadah. Juga hafalan-hafalan surat-surat pendek. Bagi yang lulus tahapan ini, mereka diperkenankan mengikuti tahapan ujian selanjutnya, yakni ujian akhir smester. Bagi yang belum lulus, diberlakukan sistem remedial.

UAS kali ini sendiri menggabungkan antara pelajaran umum sekolah dengan pelajaran kitab kuning pondok pesantren. Karena itu, santri harus berkonsentrasi dan fokus pada dua keahlian itu, umum dan agama. Dan insya Allah santri siap sesuai kemampuannya.

Terkait ujian ini, seperti biasanya, ini diniatkan untuk mengukur kemampuan dan hasil yang didapatkan oleh para santri selama belajar setengah tahun pertama. Jika hasilnya masksimal, tentu ini yang diharapkan. Jika hasilnya kurang maksimal, tentu ini harus menjadi evaluasi bersama.

Selama proses pelaksanaan ujian, al-hamdulillah semua berjalan lancar karena telah disiapkan jauh-jauh hari dan telah dibentuk kepanitiaan yang serius. Bahkan kepanitiaan dibedakan menjadi dua, kepanitiaan ujian lisan dan kepanitiaan ujian tulis. Semua di bawah koordinasi Kepala SMA , Kepala MTs dan Kepala Madrasah Diniah.

Selesai ujian pada 19 Desember 2016 ini, mereka akan rehat selama dua hari, lalu disambung dengan perayaan Maulid Nabi Muhammad pada Kamis, 22 Desember 2016, sekaligus direncanakan pembagian raport. Mereka lalu pulang untuk liburan hingga akhir tahu. Semoga bermanfaat.[]