Pelaksanaan Gebyar OPPQ 2017 Meriah

Di ujung kepengurusannya, Organisasi Pelajar Pondok Pesantren Qothrotul Falah (OPPQ) Periode 2016-2017 menggelar kegiatan besar OPPQ Award. Dua kegiatan dilaksanakan selama dua hari, 18-19 Januari 2017, yaitu lomba pidato antarpemenang muhadharah pekanan dan OPPQ Award.  Tema yang diusung adalah Together to be Amazing.

Pada lomba pidato yang diselenggarakan Rabu, 18 Januari 2017 malam, sekurangnya delapan peserta mengikutinya. Baik yang menggunakan bahasa pengantar Arab, Inggris, Indonesia maupun Sunda. Mereka tampil mengejutkan. Dengan pakaian yang berbeda dari biasanya, intonasi yang lebih baik plus mimik dan materi yang sudah dipersiapan, mereka tampil meriah dan mengejutkan.

Di hadapan para guru dan para santri, mereka tampil percaya diri dan penuh kesemangatan. Bahkan beberapa santri yang dinilai tak terbiasa tampil dan dinilai minor, bahkan bikin beberapa guru berdecak kagum. Sebut saja Manarul Hidayat. Siswa Kelas XI SMA Qothrotul Falah yang sering bolos dan tertidur di kelas ini, begitu memukau penampilannya yang membawakan bahasa Sunda.

“Bisa jadi yang begini, yang suka tidur dan malas-malasan malah yang kelah menjadi dai terkenal dan banyak keliling untuk ceramah,” respon beberapa guru yang menonton. “Manarul, ente top. Terus kembangkan ya biar jadi dai hebat,” ujar yang lain menyemangatinya usai tampil. Iapun mendapat juara saat itu.

Di hari kedua diselenggarakan OPPQ Award, sebagai ajang penghargaan bagi para santri dan pengurus yang berprestasi. Ada yang mendapat predikat santri atau pengurus terajin, teraktif, terdisiplin, terbaca, termalas, terkabur dan seterusnya.

“Kegiatan ini hanya ajang hiburan sebetulnya. Semoga saja bisa menjadi semangat, catatan, atau kritik yang membangun bagi pada santri lainnya,” ujar Koordinator Majelis Pembimbing Santri (MPS) Ponpes Qothrotul Falah, Nurul H. Maarif.

Inilah akhir masa kepengurusan mereka. Akhir Januari 2017 ini akan diselenggarakan laporan pertanggungjawaban. Setelah ini, selama dua pekan, mereka off dari kepengurusan. Pada pekan pertama  Februari, akan diselenggarakan Pemilu Santri, yang akan memilih Ketua OPPQ Putera dan Puteri Periode 2016-2017.

Semoga saja semuanya berjalan lancar dan memberikan nilai-nilai pembelajaran penting bagi seluruh komponen pesantren.[nhm]