Teh Ayat dan Teh Uyun Luncurkan Karyanya di IAIN Serang

Dua Guru Pondok Pesantren Qothrotul Falah, Teh Cahyati dan Teh Uyun Rika Uyuni kembali melaunching karya ontologi esainya: Dakwah Literasi: Dari Banten untuk Negeri, di Aula Rektorat Prof. Dr. Hasan Sadeli Lt. III, Rabu (08/02/17).

Buku ontologi berisi 34 artikel ini ditulis bersama mahasiswa Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI) IAIN SMH Banten. Buku ini memiliki tiga sub tema; Pendidikan, Dakwah dan Soaial-Politik-Budaya. Ketiga sub tema ditentukan berdasarkan fokus isi tulisan yang terkandung dalam esai-esai yang hampir sebagian sudah dimuat di media cetak ataupun online ini.

Acara launching ini dihadiri oleh 100-an mahasiswa dari berbagai jurusan. Ketua dan Sekretaris Jurusan KPI yang telah memfasilitasi dan mengapresiasi terbitnya buku ini menghadirkan para pembedah yang cukup terkenal dan berpengaruh di Wilayah Banten, yakni Prof. Dr. H. M.A. Tihami (Guru Besar IAIN SMH Banten) dan Gol A Gong (Pegiat Literasi, penulis ternama sekaligus Dewan Perpustakaan Daerah Banten).

Teh Cahyati, selaku salah-satu penulis buku dan pembina Halqah Remaja Triping Community Qothrotul Falah, menyampaikan beberapa alasan penulisan buku ini.  

“Latar belakang utama dari penulisan buku karya  mahasiswa KPI ini sebagai wujud tanggung jawab kami sebagai anak KPI terhadap fakultas kami, yakni Dakwah. Melalui buku ini pula kami berdakwah, karena dakwah tidak mesti dilakukan dengan cara berceramah di atas podium, namun bisa juga dilakukan melalui mimbar, lembar dan layar,” ungkapnya dengan gembira di hadapan para tamu dan mahasiswa yang hadir saat itu. Dan buku Dakwah Literasi ini adalah buku kelima yang ditulis olehnya.
 
Acara ini diselenggarakan oleh Jurusan KPI IAIN SMH Banten. Bekerjasama dengan Asosiasi Komunikasi dan Penyiaran Islam (ASKOPIS), Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) KPI dan Penerbit A-4. Kegiatan ini juga dihadiri oleh Dekan Fakultas Ushuludin, Dakwah, dan Adab, Ketua Jurusan, Perwakilan dari Badan Perpustakaan dan Arsip Daerah (BPAD), Kantor Perpustakaan dan Arsip Daerah (KPAD) Kota Serang.\
 
Kebahagiaan juga nampak di raut wajah Teh Uyun selaku penulis yang lainnya, karena selain tiga kali berhasil melaunching bukunya di Qothrotul Falah, kali ini buku hasil karyanya dilaunching oleh kampus tercintanya.

“Sudah pasti saya merasa bahagia dan bangga dengan terbitnya buku ini. Ini juga tak lepas dari bimbingan dan dukungan dari berbagai pihak, terutama pelajaran kepenulisan yang saya dapatkan dari pesantren saya, yaitu Qothrotul Falah. Saya juga berharap tidak cukup sampai di buku ini, namun ke depan saya bisa membuat karya lagi. Semoga hadirnya buku ini juga bisa menginspirasi para santri untuk semangat menulis, ” ujarnya pada www.qothrotulfalah.com.
 
Kegiatan yang diberlangsung selama kurang lebih dari empat jam ini berjalan dengan sangat hangat dan penuh antusias dari peserta.[ayat]