Nasihat untuk Santri, Buku Kedua Kiai Ibing

Segala puji bagi Allah Swt. Shalawat serta salam untuk Rasulullah Saw.

al-Hamdulillah, hanya karena izin-Nya, buku kedua karya Pimpinan Pondok Pesantren Qothrotul Falah Cikulur Lebak Banten, KH. Achmad Syatibi Hambali ini bisa diterbitkan. Jika buku pertama, Konsultasi Maya: 40 Tanya Jawab Agama, diterbitkan oleh Pustaka Qi Falah (2013), maka buku kedua yang berjudul Nasihat untuk Santri ini diterbitkan oleh Penerbit Inspira Yogyakarta.

Buku kedua karya Ketua MUI Kabupaten Lebak ini digarap secara telaten dan serius oleh tangan-tangan profesional. Sentuhan ahli ini diharapkan berdampak pada tampilan, gaya dan kesan positif buku ini. Gaya desain, pewarnaan atau penataan isinya yang sangat menarik, semoga menambah hasrat pembaca untuk menyelami kedalaman isinya.

Nasihat untuk Santri ini berisi 31 tausiah Kiai Ibing – sapaan akrab KH. Achmad Syatibi Hambali – yang disampaikan di hadapan para santri selama lima tahun, sejak Agustus 2011 hingga November 2016, dan dalam berbagai kesempatan: kultum Ramadhan, perpulangan santri, pembukaan KBM, wisuda, pelantikan pengurus dan sebagainya.

Tema yang diangkat juga beragam; urgensi shalat, trik menjadi santri beruntung, urgensi belajar, tidak mudah puas menuntut ilmu, ibadah sebagai kebutuhan hidup, syarat meraih dunia dan akhirat dan banyak lagi. Secara umum, isinya memompa motivasi para santri yang tengah fokus tafaqquh fi al-din. Karena itulah buku ini diberi titel Nasihat untuk Santri.

Kenapa buku ini penting ditelaah? Pertama, isinya menggugah kesadaran santri-santri yang tengah menekuni ilmu agama, untuk lebih giat lagi dan giat lagi meniti proses belajarnya. Kedua, disampaikan oleh kiai yang keilmuannya mendalam, karena penguasaan turats (karya klasik) yang mumpuni. Ketiga, disampaikan dengan bahasa yang ringan dan simpel, seakan nasihat orang tua pada anaknya, sehingga substansinya mudah dipahami dan dicerna.

Semoga buku ini memberikan manfaat seluas-luasnya pada para santri khususnya dan pembaca umumnya. Mohon keikhlasan para pembaca untuk memberi masukan yang baik jika ada hal-hal yang dinilai kurang tepat atau bahkan keliru.

Terakhir, terima kasih sedalam-dalamnya disampaikan pada semua pihak yang terlibat penerbitan buku ini: Penerbit Inspira, Hj. Siti Ammah, Kiai Aang Abdurohman, S.E., M.Pd., Kiai Muhammad Zen, M.A., Nurul H. Maarif, Zulkhan Indra Putera, M.A., Bunda Dede Saadah, Dede Mardiyah, Eneng Atikoh, M.Si., dan Puput Nadipah.[]