Pasaran Ramadhan Diakhiri Bukber

Santri dan Dewan Guru Pondok Pesantren Qothrotul Falah Cikulur Lebak Banten menggelar buka puasa bersama, Ahad (5 Juli 2015), di Majelis Putera Qothrotul Falah. 

 

“Ini kegiatan rutin setiap bulan Ramadhan. Dan untuk kegiatan bukber kali ini, ini sekaligus sebagai penutup kegiatan pengajian Ramadhan,” ujar Bunda Dede Saadah, pengelola pesantren.

 

Dikatakan Bunda, sejak 1 Ramadhan 1436 H, seluruh santri menjalani pengajian kitab kuning sesuai kelas-kelasnya. “Sebetulnya KBM libur sesuai kalender formal. Namun pesantren punya kebijakan pengajian Ramadhan, sehingga santri-santri tidak bengong di rumah,” ujarnya.

 

Pada kegiatan ini, selain diisi buka puasa bersama, juga diselenggarakan tausiah keagamaan oleh Pengasuh Pondok Pesantren Qothrotul Falah, KH. Achmad Syatibi Hambali. Para dewan guru baik MTs maupun SMA juga tampak hadir mendengarkan tausiah itu.

 

“Malamnya diselenggarakan pentas seni dan pembacaan kitab yang dipelajari pada Ramadhan ini. Malam dini hari diselenggarakan pawai dan gerebeg sahur,” ujarnya.

 

Senin paginya, para santri dipersilahkan untuk pulang ke rumahnya masing-masing menjalani sisa liburan kenaikan kelas. “Dan untuk perpulangan, mereka wajib khatam al-Quran minimal sekali sebagai tiket perpulangan,” ujar Bunda.

 

Untuk buka bersama kali ini, pondok pesantren juga membagikan bingkisan Ramadhan dan THR kepada seluruh dewan guru.

 

“Ya, ala kadarnya, sesuai kemampuan lembaga tentunya. Mudah-mudahan ini menjadi bentuk perhatian lembaga pada siapapun yang berjasa di sini, kendati isinya tidak seberapa,” katanya lagi.

 

Selain itu, semoga juga kegiatan ini bisa menjadi tali penyambung antara semua pihak yang berada di bawah naungan Yayasan Qothrotul Falah.[nhm]