Santri Jalani Ujian Tengah Semester

Para santri Pondok Pesantren Qothrotul Falah Cikulur Lebak Banten, baik yang di MTs maupun SMA Qothrotul Falah, tengah menjalani Ujian Tengah Smester (UTS) Ganjil Tahun Pelajaran 2017-2018, selama sepekan, Senin-Sabtu, 2-7 Oktober 2017.

Sebagaimana lumrahnya UTS, kegiatan ini diniatkan untuk mengukur sejauh mana daya serap siswa-siswi terhadap materi mata pelajaran yang telah mereka terima selama setengah smester alias tiga bulan ini.

Sebagai bukti keterserapan materi, mereka diuji melalui berbagai pertanyaan dan akan diukur dari jawaban yang diberikan. Harapannya, kegiatan ini akan kian memicu dan memacu semangat mereka dalam menjalani kegiatan belajar-mengajar.

Kegiatan UTS ini juga diselenggarakan sebaik dan serapi mungkin, dengan dibentuk kepanitiaan yang serius. Soal-soalnya diperbanyak sebagaimana Ujian Akhir Smester (UAS), sehingga penyelenggaraan UTS benar-benar memberikan efek positif sesuai yang diharapkan.

Selain itu, kegiatan UTS ini juga bisa menjadi bahan evaluasi untuk para guru terkait pengajaran yang selama ini sudah dilakukan, apakah bisa diterima oleh siswa atau sebaliknya tidak berpengaruh apa-apa.

Jika mayoritas siswa bisa menerima materi yang disampaikan para guru, maka bisa dikatakan guru yang bersangkutan berhasil menyampaikan materinya. Jika sebaliknya, maka berarti harus ada evaluasi serius atas penyampaian guru bersangkutan dan semestinya sesegera mungkin dilakukan langkah-langkah solutif.

Semoga saja, target-target yang ditetapkan bisa tercapai melalui UTS ini. Amin![nhm]