Mahasiswa La Tansa Jalani Praktik Pengalaman Kependidikan

Sembilan mahasiswa/i STAI La Tansa Mashiro Lebak Banten menjalani Praktik Pengalaman Lapangan Kependidikan (PPLK) di MTs Qothrotul Falah Cikulur Lebak Banten, 17 Oktober s.d. 25 November 2017.

Serah terima atau permulaan kegiatan ini dilakukan pada Selasa, 17 Oktober 2017, di Pondok Baca Qi Falah. Hadir antara lain Pembimbing PPLK, Nurul H. Maarif, Kepala MTs Qothrotul Falah Ahmad Turmudzi, M.Pd., guru-guru pamong juga perwakilan siswa.

Dalam sambutannya, Pembimbing PPLK Nurul H. Maarif menyampaikan terima kasih yang sedalamnya atas penerimaan yang penuh kekeluargaan oleh pengelola MTs Qothrotul Falah. Menurutnya, hubungan antara MTs Qothrotul Falah dan STAI La Tansa selama ini berjalan dengan baik melalui kegiatan ini.

“Mudah-mudahan kita semua bisa menjaga hubungan baik ini, melalui perilaku dan dedikasi kita,” ujarnya.

Tak lupa, Pembimbing juga menyerahkan proses PPLK pada pihak sekolah, terutama terkait bimbingan dan arahan. “Anak-anak ini insya Allah sudah memiliki basic atau kemampuan mengajar. Apalagi mereka sudah lulus micro teaching. Namun tentu saja masih banyak kekurangan di sana sini. Karena itu, mohon diarahkan dan diingatkan jika ada kekurangan, baik oleh kepala sekolah maupun guru pamong,” ujarnya.

Kepala MTs Qothrotul Falah, Ahmad Turmudzi, M.Pd., yang juga alumni STAI La Tansa menyambut baik kegiatan PPLK ini. “Kami tentu senang hati menerima kawan-kawan semua, karena kita memiliki hubungan baik yang sudah cukup lama,” jelasnya.

“Namun mohon dimaklum juga jika sekolah kami memiliki banya kekurangan di sana sini dalam segala hal. Yang penting, jika ada hal-hal urgen, mohon segera dikomunikasikan dengan kami,” ujarnya.

Turmudzi bahkan telah menyiapkan hal-hal penting terkait proses pelaksanaan PPLK, seperti jadual maupun kegiatan-kegiatan lainnya. Bahkan guru-guru pamong juga dihadirkan saat itu, sehingga memudahkan komunikasi dengan mahasiswa peserta PPLK. Tak lupa, Kepala Sekolah juga membuka secara resmi kegiatan PPLK ini.

Rencananya, mahasiswa PPLK akan mengajar untuk lima mata pelajaran, di Kelas VII dan VIII, yakni Bahasa Arab, Fikih, SKI, Akidah Akhlak dan al-Quran dan Hadis. Semoga saja, mereka mendapatkan pengalaman penting dalam kegiatan PPLK ini, sebelum mereka menjadi pendidik yang sesungguhnya.[nhm]