Pesantren Terus Berupaya Melengkapi Fasilitasnya

Untuk melengkapi sarana Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) santri Pondok Pesantren Qothrotul Falah Cikulur Lebak Banten, pihak pengelola senantiasa berupaya membangun sarana-sarana baru, kendati dengan kemampuan seadanya.

Untuk tahun 2017, al-hamdulillah pihak Yayasan Qothrotul Falah telah membangun dua ruang kelas baru di lantai dua, yang difungsikan sebagai kelas siswa-siswi MTs Qothrotul Falah. Selain itu, juga dilakukan rehabilitasi tiga kamar santri dengan pengedakan.

Harapannya, jika ada rejeki yang cukup, tiga kamar santri itu akan segera dibangun lantai dua. Semua diniatkan untuk memberikan kelengkapan fasilitas bagi para santri.

Hingga saat ini, tetap saja fasilitas yang ada dirasa kurang cukup kendati terus dilakukan berbagai pembenahan.

“al-Hamdulillah secara umum telah banyak yang dibenahi dan diperbaiki. Mushalla, gedung-gedung, ruang lab, ruang perpustakaan, fasilitas lainnya juga dibenahi. Toilet khusus tamu juga sudah siap,” ujar Bunda Dede Saadah, bendahara pesantren.

Dengan kemampuan ekonomi yang apa adanya, katanya, pesantren tidak akan berhenti untuk terus berupaya melengkapi fasilitas untuk kegiatan santri. “Karena itu, mohon doanya dari semua kalangan, semoga pesantren kecil kita ini mampu terus berbenah pelan-pelan,” ujarnya.

Untuk awal tahun ini, pihak pengelola tengah membangun sepuluh kobong (asrama) khusus santri salafi yang fokus mendalami kitab kuning.

“Kobong ini juga akan diperuntukkan bagi santri tahfidz laki-laki insya Allah,” ujarnya. “Insya Allah pesantren akan menggalakkan lebih serius pengajian kitab kuning khas tradisi pesantren,” imbuhnya.

Ke depan, sarana yang ingin dilengkapi, antara lain, gedung aula serba guna, asrama tahfidz puteri, majelis puteri, asrama puteri yang masih kekurangan, kantor guru yang layak dan sebagainya. Semoga Allah Swt mengijabahi rencana baik ini. Amin![nhm]