Guru MTs Ikuti Pembinaan Profesionalitas Guru Madrasah

Mengawali Kegiatan Belajar Mengajar (KBM), Senin, 8 Januari 2018, guru-guru Madrasah Tsanawiyah (MTs) Qothrotul Falah Cikulur Lebak Banten dibekali pengetahun seputar profesionalitas guru madrasah, melalui Pembinaan Manajemen Profesional Guru Madrasah oleh Pengawas Madradah, Tuti Rohmulyati S.Ag, M.Si, yang akrab disapa Bu Tuti.

Bertempat di Pondok Baca Qi Falah, acara yang dimulai sejak pagi ini dihadiri oleh Kepala Madrasah Tsanawiyah (MTs) Qothrotul Falah Ahmad Turmudzi, M.Pd. dan dewan guru.  

Acara dibuka oleh sambutan Ahmad Thurmudzi. Dalam sambutannya, ia menyampaikan terima kasih sedalam-dalamnya atas kedatangan Bu Tuti selaku Pengawas Madrasah Kab. Lebak untuk memberikan bimbingan pada guru MTs Qothrotul Falah.

“Semoga pembinaan ini mampu meningkatkan kemampuan dan profesionalitas guru MTs dalam mengajar,” katanya berharap.

Pada kesempatan pagi sampai Dhuhur, banyak hal yang disampaikan oleh Bu Tuti. Dari mulai sharing pengalaman, motivasi mengajar, juga mengenai pengembangan kurikulum. Diantara yang disampaikan alumni Ponpes Daar el-Qolam ini, adalah mengenai fungsi guru, prinsip profesionalisme, indikator kompetensi, dan peningkatan mutu pendidikan.

“Mendidik anak tidak mudah. Semuanya serba butuh proses,” katanya memberikan semangat.

Sebagaimana tercantum dalam Pasal 5 UU No. 14/2005, guru berfungsi untuk meningkatkan martabat dan sebagai agen pembelajaran untuk meningkatkan mutu pendidikan Nasional. Karena itu, guru sudah semestinya mengerti dan memahami tupoksi mereka sebagai guru.

Beliau juga berharap, pengelola sekolah senantiasa bergerak melakukan aneka perubahan. Ibarat warung makan, menu yang ditawarkan oleh lembaga harus menarik, khas dan unik, sehingga banyak orang yang tertarik padanya. Perwajahan harus ditata dengan sebaik-baiknya. Kegiatan juga harus dipacu dengan maksimal.

Pembinaan yang berakhir pukul 13.00-an ini ini berjalan lancar dan penuh antusias para guru. Semua guru terlibat aktif bertanya dan mengutarakan pendapat. Di akhir penyampaiannya, Bu Tuti juga memberikan pesan; One man is working hard is not making progress, the others is working smart and is getting result (satu orang yang bekerja keras tidak akan membuat kemajuan, tapi bekerja cerdas akan medapatkan hasil).

“Maka kerja sama antar guru dalam mendidik anak juga sangat diperlukan untuk mencapai hasil yang maksimal,” katanya.

Usai pembinaan lalu semua yang turut serta makan siang bersama ala kadarnya.[ayat]