OPPQ dan Bantara 2018-2019 Resmi Dilantik

Setelah rentetan kegiatan Komisi Pemilihan Santri (KPS) terselenggara dengan baik, pacsa terpilihnya Ketua OPPQ yang baru, Kamis, 15 Februari 2018 malam, Pelantikan pengurus OPPQ Periode 2018-2019 pun dilaksanakan dengan khidmat. Acara yang dilangsungkan di Majelis Putera ini dihadiri oleh seluruh dewan Asatidz dan Asatidzah beserta seluruh santriawan dan santriawati Pondok Pesantren Qothrotul Falah.

Dalam acara Pelantikan OPPQ pengurus baru yang berjumlah 30 personil ini, Kiai Aang Abdurrohman menyampaikan beberapa pesan untuk para pengurus OPPQ dalam manjalankan amanah barunya satu tahun ke depan.

“Jadilah kalian para pengurus OPPQ yang santun. Jadilah pengurus yang bisa mengayomi anggota-anggotanya,” amanah kiai Aang.

Pada kesempatan tersebut, Pengurus OPPQ baru dilantik dengan penuh khidmat oleh Kiai Nurul H. Ma’rif selaku Koordinator Majelis Pembimbing Santri (MPS). Mereka berikrar untuk menjadi pengurus OPPQ dengan menjalankan semua tanggung jawabnya dengan baik. Tak hanya pelantikan, pada acara tersebut juga dilakukan serah terima jabatan OPPQ demisioner putera dan puteri kepada OPPQ yang baru, yakni dari Jumhadi Rosyid kepada M. Fahmi Ulum dan Ropianah kepada Dede Herawati.

Di akhir rangkaian pelantikan, KH, Ahmad Syatibi Hambali atau yang hangat disapa Abi oleh semua santri, memberikan wejangan-wejangan bagi pengurus OPPQ baru khususnya dan umumnya untuk semua santri yang hadir pada acara itu. Selain memberikan ucapan selamat, dalam nasihatnya, Abi juga menyampaikan banyak nasihat dan harapan kepada para pengurus.

“Jangan sekali-kali dendam untuk menghukum. Hukumlah santri yang salah dengan melihat kadar kesalahannya, namun jangan pernah menghukum santri yang tidak salah. Mudah-mudahan dengan kepengurusan yang baru, ke depan pondok kita lebih baik, lebih tertib, dan lebih nyaman,” ujar Abi kepada para pengurus baru.

Malam selanjutnya, pasca pelantikan pengurus OPPQ, pelantikan Bantara Periode 2018-2019  juga dilaksanakan dengan tak kalah meriah. Pelantikan yang diadakan pada malam Sabtu, 16 Februari 2018 ini dihadiri oleh semua andika-andiki Pondok Pesantren Qothrotul Falah, Mabigus, Pembina Pramuka dan semua dewan guru.

Acara Pelantikan Bantara yang diketuai oleh Hifdi Mawardi dan Yuyun Khopipah ini dilangsungkan di Kelas VIII MTs. Dalam kesempatan itu pula, Pengurus Bantara dilantik lansung oleh Pembina Pramuka yakni Ka Agus Faiz Awwaludin. Dalam sambutannya di acara tersebut, Ka Agus juga berpesan agar Bantara yang baru saja dilantik dapat lebih semangat dan lebih inovatif dalam menjalankan semua tugas kepramukaan di Pondok Pesantren Qothrotul Falah. Tak hanya dijadikan sebagai rutinitas, tapi Ka Agus berharap pramuka juga dijadikan sebagai sarana mengasah potensi dan kreativitas santri.[ayat]