Peringatan Isra-Mir’raj Bertabur Seni

Santri-santri Pondok Pesantren Qothrotul Falah Cikulur Lebak Banten menyelenggarakan Peringatan Hari Besar Islam (PHBI) Isra’-Mi’raj Nabi Muhammad Saw, Jum’at, 5 April 2018 malam. Bertempat di Lapangan Upacara Qothrotul Falah, kegiatan ini mengambil tema “Rindu Muhammad”.

Pada kesempatan ini, hadir seluruh santri dan dewan guru Pondok Pesantren Qothrotul Falah, yang antara lain, Koordinator Majelis Pembimbing Santri (MPS) Nurul H. Maarif (NHM), Kepala SMA Qothrotul Falah KH. Abdurohman Syatibi, M.Pd., Waka Kurikulum Agus Faiz Awaludin, S.Pd., Bendahara Dede Saadah, S.Th.I., Pembina Tahfidz Muhammad Yusuf, Pembina OPPQ Andre Fauzi dan Fitri Ariyanti, dan sebagainya.

Tidak seperti peringatan Isra’-Mi’raj pada umumnya yang diisi dengan ceramah agama, kegiatan kali ini diisi dengan berbagai pertunjukan seni yang dikemas santai dan menyenangkan. Tentu saja tanpa menafikan bobot isi atau kualitasnya.

Kegiatan ini diawali pembacaan ayat suci al-Qur’an, shalawat Law Kana Bainana al-Habib yang bikin merinding, lalu sambutan oleh Koordinator MPS dan berbagai pertunjukan seni. Dalam sambutannya, Koordinator MPS menceritakan sisi-sisi keteladanan Muhammad Saw yang mengagumkan.

Mengutip Qs. al-Ahzab: 21, NHM mengingatkan pada para santri untuk tidak menjadikan siapapun selain Muhammad Rasulullah Saw sebagai teladan. Ia lalu menceritakan beberapa kisah menarik terkait kasih sayang beliau pada fakir miskin, yatim, shahabat maupun bahkan pada musuh-musuhnya.

“Lebih jelasnya baca saja buku saya Samudera Keteladanan Muhammad, yang terbit tahun 2017 lalu. Insya Allah saya menuliskan banyak sekali keteladanan beliau yang patut kita ikuti,” ujarnya.

Usai sambutan MPS, kegiatan dilanjutkan dengan pertunjukan seni, berdasarkan kelas. Ada yang menampilkan puisi kerinduan pada Sang Teladan. Ada yang menampilkan nyanyian atau pujian pada Baginda Muhammad. Semua ini diiringi dengan hadrah. Ada juga yang menampilkan ceramah agama atau syarhil Quran tanteng Isra’-Mi’raj.

Pagelaran yang dikemas santai dan lesehan ini berjalan lancar dan khidmat. Nampak suasana yang berbeda dibanding kegiatan yang sama pada tahun-tahun sebelumnya.[nhm]