Santri Jalani Ujian Nasinal Penuh Optimisme

Dengan penuh kegembiraan dan optimime, Kelas XII SMA Qothrotul Falah Cikulur Lebak Banten menjalani Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK), Senin-Kamis (9-12 April 2018). Bertempat di Laboratorium Komputer SMA Qothrotul Falah, beberapa sekolah sekitar yang tidak memiliki sarana komputer memadai turut bergabung.

Di hari pertama pelaksanaan Ujian Nasional, al-hamdulillah tidak terjadi aral melintang. Semua berjalan lancar sesuai yang diharapkan. Dari unsur Kepala Sekolah, panitia maupun siswa-siswi tampak gembira menjalani ujian tahunan ini.

Seperti diketahui, sejak dua tahun lalu, Ujian Nasional diselenggarakan menggunakan sistem komputer. Soal langsung dikirim dari Kemendikbud Republik Indonesia melalui secara online. Atas kebihakan ini, banyak resiko yang dihadapi di lapangan.

Misalnya, mati listrik/lampu yang masih sering terjadi, yang seringkali tidak jelas kapan nyalanga lagi. Juga kendala sinyal internet yang terkadang juga kembang-kempis. Al-hamdulillah, pada pelaksanaan ujian nasional di hari pertama, kendala-kendala ini tidak terjadi.

“Semoga hingga selesai proses Ujian Nasional nanti, kendala-kendala inipun tidak terjadi lagi. Sebab sulit mengulang jika ada kendala-kendala teknis di lapangan,” ujar Dede Saadah, salah satu panitia.

Dede Saadah yang juga Bendahara Pesantren ini berharap, kelancaran pelaksanaan Ujian Nasional sebanding lurus dengan hasil yang didapatkan. “Semoga hasilnya juga memuaskan, sebagaimana yang kita harapkan semua,” ujarnya.

Jika Kelas XII menjalani ujian, lalu santri yang lain menjalani kegiatan apa?

Untuk Kelas IX MTs, mereka tengah menjalani Ujian Madrasah. Sedangkan yang lain, Kelas X dan XI, juga Kelas VII dan VIII menjalani class meeting. Banyak perlombaan yang digelar. Tujuannya untuk memberikan hiburan pada para santri.

Selain class meeting, santri yang lain juga menjalani pematangan persiapan untuk pentas seni sebagai bagian kegiatan wisuda yang akan diselenggarakan pada Ahad, 6 Mei 2018. Semoga seluruh kegiatan yang diselenggarakan berjalan lancar dan memberikan manfaat sebaik-baiknya bagi semua pihak.[nhm]