Ujian Sekolah Sambil Berpuasa

Ramadan 1439 H kali ini benar-benar menguras tenaga dan pikiran santri-santri Pondok Pesantren Qothrotul Falah Cikulur Lebak Banten. Selain menjalani kegiatan rutin Ramadan, seperti pengajian pasaran, mereka juga menjalani ujian lisan, ujian akhir sekolah dan ujian Madrasah Diniah.

Pengajian Ramadan diselenggarakan pagi, siang, sore dan malam, tiap harinya, hingga selesai pada 17 Ramadan. Ujian lisan diselenggarakan 9-11 Mei 2018. Ujian Madrasah Diniah kitab kuning dilakukan pada 15-18 Mei 2018.

Sedangkan Ujian Akhir Smester (UAS) Genap, baik MTs maupun SMA Qothrotul Falah, diselenggarakan pada 19-23 Mei 2018, sembari menjalankan puasa Ramadan. Mereka harus benar-benar pandai mengatur waktu dalam situasi padat seperti ini.

Ujian Akhir Smester Genap ini secara umum memang dilaksanakan pada Ramadan. Hanya saja untuk Pondok Pesantren Qothrotul Falah, waktu pelaksanaannya dimajukan seminggu dibanding sekolah lain pada umumnya.

Alasannya untuk menyesuaikan perpulangan dan penyelesaian pengajian kitab kuning, yang direncanakan pada 17 Ramadan atau 2 Juni 2018. Harapannya, semua kegiatan belajar-mengajar tuntas secara bersamaan dan santri bisa pulang ke rumah masing-masing tanpa beban apapun.

Rencananya, mereka akan dipulangkan pada Ahad, 3 Juni 2018, setelah dilakukan berbagai agenda rutin tahunan seperti Grebeg Sahur, yang diisi dengan tausiah Pengasuh Pesantren dan zakat fitrah.

Dan sehabis lebaran, mereka akan kembali lagi ke Pesantren pada 13 Juli 2018, untuk menjalankankan Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) Tahun Ajaran 2018-2019. Semoga semuanya berjalan lancar.[nhm]