Saya Lebih Pede Ngomong Pondok

Pondok Pesantren Qothrotul Falah Cikulur Lebak Banten menyelenggarakan buka bersama (bukber) guru-guru MTs/SMA Qothrotul Falah, Sabtu, 2 Juni 2018, di Kediaman Pengasuh. Tampak hadir, antara lain, Pengasuh Pesantren, Kepala SMA/MTs Qothrotul Falah dan guru-guru.

Pengasuh Pondok Pesantren Qothrotul Falah, KH. Achmad Syatibi Hambali menyatakan dalam tausiahnya, dirinya kini merasa lebih pede ngomong tentang pesantren yang dipimpinnya.

“Pondok terus melakukan evaluasi. Makin ke sini, menurut saya kok makin bagus dan makin lengkap,” ujar Rais Syuriah PCNU Kab. Lebak ini.  

Dulu, katanya, dirinya merasa belum pede menyampaikan perkembangan pesantren. Seiring waktu, dirinya kian pede saja melihat perkembangan yang kian membaik.

“Sekarang saya berani ngomong ke anak; ente mondok di Qothrotul Falah itu beruntung, karena makin bagus dan makin lengkap,” katanya.

Yang ingin mendalami tahfidz, katanya, bisa belajar dengan guru pembimbing seperti Ustadz Muhammad Yusuf, Ustadzah Ratu Mawaddah dan Ustadzah Amanah.

“Yang punya potensi tulis-menulis, ada juga pembimbingnya. Pengajian kitab setiap sore juga ada gurunya. Yang ingin mendalami Hadis, juga ada gurunya,” ujarnya.  

Dikatakannya, al-hamdulillah, lulusan Pondok Pesantren Qothrotul Falah banyak yang diterima di perguruan tinggi negeri bergengsi. “Ini patut disyukuri dan sudah semestinya menjadi motivasi untuk kita semua,” katanya.

Ke depan, Pengasuh berharap, dewan guru makin semangat lagi menyampaikan pengajaran pada para santri. “Saya terima kasih banyak atas kesediaan para guru. Namun kita harus terus meningkatkan kualitas pengajaran kita,” pintanya.

“Ke depan harus lebih bagus lagi. Mohon maaf, kita hanya bisa bilang terima kasih. Segalanya diserahkan pada Allah. Semoga Allah yang membalas kebaikan Bapak Ibu guru semua. Allah yang akan membalas berlipat. Semoga Allah memberikan kemudahan pada kita semua,” doanya.

Usai sambutan Pengasuh, lalu dilaksanakan buka bersama guru-guru dengan penuh keakraban. Juga diberikan bingkisan ala kadarnya oleh pesantren.[nhm]