Tajul dan Ipeh Pimpin OPPQ 2019-2020

 

Santri Pondok Pesantren Qothrotul Falah Cikulur Lebak Banten berpesta demokrasi melalui penyelenggaraan suksesi Ketua Organisasi Pondok Pesantren Qothrotul Falah (OPPQ) Periode 2019-2020. Puncak suksesi ini dilakukan pada Jum’at, 15 Februari 2019 pagi untuk memilih ketua baru.

Kandidat yang bersaing memperebutkan kursi Ketua OPPQ 2019-2020, untuk putra adalah Tajul Muttaqin (Lebak), Muhammad Fadhilah (Jakarta) dan Radiatna (Lebak). Sedangkan untuk puteri adalah Siti Nur Kholifah (Tangerang), Isnaini (Lebak) dan Nur Hasanah (Padeglang).

Sebelum dilakukan pemungutan suara, Komisi Pemilihan Santri (KPS) menyelenggarakan kampanye dan debat kandidat yang dihadiri para santri dan dewan guru. Dikatakan Ketua KPS, Ustadzah Uyun R Uyuni, santri perlu diajari memilih pemimpin melalui cara-cara yang demokratis.

“Melalui kampanye dan debat kandidat ini, diharapkan santri bisa belajar tentang berdemokrasi. Dan inilah miniatur berdemokrasi dalam konteks yang lebih besar, yaitu negara,” ujarnya.

Ustadzah Uyun berharap, kegiatan ini kian mendewasakan santri dalam memilih pemimpin. “Melalui debat misalnya, para kandidat dilatih untuk beradu visi dan misi juga program ke depan. Para santri juga belajar mendengarkan program yang mereka sampaikan, sehingga tidak memilih pemimpin dalam karung,” ujarnya.

Tentu saja, sebagai pembelajaran, semua masih banyak kekurangan yang patut dibenahi. Namun setidaknya, pembelajaran menjadi pintu terbaik meraih tradisi demokrasi yang sesungguhnya.

Respon dewan guru juga positif atas proses latihan demokrasi yang dijalankan para santri ini. “Kegiatan ini bagus untuk mendidik dan latihan berdemokrasi bagi santri. Ke depan santri harus lebih peduli lagi dengan kegiatan ini,” ujar Ustadz Andre Fauzi, yang didaulat menjadi Moderator Debat Calon Ketua OPPQ 2019-2020.

Dalam pemilihan kali ini, Tajul Muttaqin dan Siti Nur Kholifah alias Ipeh berhasil meraih suara tertinggi mengalahkan calon-calon lainnya. Meraih suara terbanyak, Tajul menyampaikan rasa syukurnya. “Saya bersyukur dipercaya oleh para guru dan santri untuk mengemban amanah sebagai Ketua OPPQ. Saya minta doa dan dukungan, agar bisa menjalankan amanah ini dengan baik,” katanya.

Tajul berjanji akan membawa OPPQ menjadi lebih baik melalui program-program yang akan diselenggarakan. “Saya ingin menumbuhkan spirit ngaji bagi para santri,” ujarnya lagi.

Siti Nur Kholifah atau Ipeh juga menyatakan rasa syukurnya karena telah dipilih sebagai Ketua OPPQ yang baru. “al-Hamdulillah saya dipercaya oleh guru-guru dan para santri. Semoga ke depan bisa mengemban amanah dengan baik,” ujarnya.   

Dan santri-santri tampak ceria mengikuti proses demokrasi ini. Semoga kegiatan ini menjadi pembelajaran penting bagi mereka.[nhm]