Tiga Guru Ikuti Kelas Menulis Cerita Kertas

Selama tiga hari (25-27 Februari 2019), tiga guru Ponpes Qothrotul Falah Cikulur Lebak Banten mengikuti kelas menulis di Serang Banten. Kegiatan tersebut merupakan kegiatan wilayah keempat pada tahun kedua yang diselenggarakan oleh Qureta bekerja sama dengan Asia Pulp & Paper (APP) Sinar Mas.

Sebelumnya, kegiatan pelatihan ini telah berlangsung di Riau, Palembang, Jambi dan kemudian berlanjut ke Serang-Banten, yang bertempat di Hotel Amaris Serang.

Uyun Rika Uyuni, Cahyati dan Nining S Wafy menjadi bagian dari 26 peserta yang lolos dalam proses seleksi tulisan. Selain tiga guru, dua alumni Pondok Pesantren Qothrotul Falah yaitu Fitriyah (Mahasiswi Komunikasi dan Penyiaran Islam UIN SMH Banten) dan Ropiyanah (Mahasiswi Ilmu Hukum UNTIRTA)  juga turut mengikuti kegiatan tersebut.  

Peserta kegiatan berasal dari berbagai macam komunitas dan sebagian peserta lainnya adalah karyawan dari PT. Indah Kiat Serang.

Di hari pertama, para peserta beserta panitia melakukan kunjungan ke PT. Indah Kiat Serang Mill yang berada di kawasan Kragilan Serang-Banten. Pihak perusahaan membawa peserta berkeliling semua area pabrik sekaligus mengenalkan perusahaan.

Pembukaan kegiatan dilakukan di APP Training Center yang berada di dalam area perusahaan. Selanjutnya peserta dibagi ke dalam lima kelompok untuk melihat secara langsung proses pembuatan carton box dan kardus dengan didampingi oleh Fasilitator dari perusahaan.

Di hari kedua sampai selesai, kegiatan yang dinamakan Kelas Menulis Cerita Kertas ini dilakukan di Hotel Amaris Serang. Qureta dengan menghadirkan Okky Madasari yang merupakan salah satu novelist terkemuka di Indonesia memberikan ilmu tentang kepenulisan dan membimbing langsung para peserta dalam membuat tulisan.

Para peserta juga diberi tugas menulis yang langsung didampingi oleh tim ahli. Mereka juga didorong untuk menerbitkan tulisannya di Qureta.[Ayat]