Juara I OSN Biologi, Tajul Melaju ke Tingkat Propinsi

Tim Olimpiade Biologi Pondok Pesantren Qothrotul Falah tingkat kabupaten berhasil meraih Peringkat I untuk tingkat Sekolah Menengah Atas (SMA) se-Kab. Lebak. Raihan prestasi ini membawa Pondok Pesantren Qothrotul Falah mampu bersaing di bidang sains dengan lima puluh lebih sekolah di Kab. Lebak, termasuk sekolah-sekolah dan pesantren-pesantren favorit se-Kabupaten Lebak.

Hasil ini melampaui raihan sekolah-sekolah negeri favorite di Lebak pada ajang Olimpiade Sains Naisonal (OSN) se-Kab. Lebak yang diselenggarakan Selasa, 27 Februari 2019, di SMAN 1 Bayah Lebak. SMAN 1 Cibadak meraih Peringkat II dan SMAN 1 Rangkasbitung meraih Peringkat III. Tajul Muttaqin (Kelas 2 SMA), perwakilan SMA Qothrotul Falah yang juga Ketua Organisasi Pondok Pesantren Qothrotul Falah (OPPQ) pun berhak melaju ke tingkat provinsi di ajang yang sama.
 
“Jujur, saya nggak menyangka kalau hasilnya bisa membanggakan seperti ini. Syukur Alhamdulillah, Allah telah memberi kemenangan ini. Mudah-mudahan saya bisa mempertahankan ini di tingkat provinsi, sehingga bisa membawa Pondok Pesantren Qothrotul Falah menjadi Juara Olimpiade Nasional. Amiin!,” ujar Tajul, yang Sabtu, 9 Maret 2019, akan mengikuti Bahsul Masail (Diskusi Problem Keagamaan) bersama 40 pesantren unggulan se-Jabodetabek, di Pesantren Luhur Darus-Sunnah ini.

Menjawab www.qothrotulfalah.com terkait kiatnya menjadi juara, Tajul hanya berpesan untuk terus belajar dan belajar. “Tidak ada cara yang lebih jitu untuk menjadi juara selain belajar dan belajar. Tentu belajar yang disertai doa dan dukungan dari dewan guru. Yang lebih saya syukuri dukungan itu diberikan langsung oleh pimpinan pondok, yaitu Abi KH. Achmad Syatibi Hambali terhadap saya dan semua santri yang mau belajar giat. Dukungan dan doa-doa itu menjadi energi untuk saya lebih tekun dalam berkompetisi,” katanya.

Merespon kemenangan ini, Pimpinan Pondok Pesantren Qothrotul Falah Cikulur Lebak Banten juga menunjukkan kegembiraan sekaligus kebanggaannya. “Ternyata sekolah kita tidak kalah dengan sekolah-sekolah negeri maupun pesantren yang diunggulkan. Karena itu kita semua harus bangga dengan pondok ini. Namun tentu saja kita harus terus memperbaiki dan memacu kualitas pondok ini,” ujar Rais Syuriah PCNU Kab. Lebak ini.

Selain pimpinan, semua dewan guru dan juga santri ikut bangga dengan kemenangan yang diraih. Kemengan ini melengkapi kemenangan di ajang Olimpiade Sains sebelumnya, di bidang Kimia (Peringkat II) dan Geografi (Peringkat V).

Semoga di tingkat provinsi nanti Pondok Pesantren Qothrotul Falah menyandang juara. Amiin! [URU]