Berbagai Kegiatan Ramaikan Isra Mi'raj

Perayaan Isra Mi’raj merupakan perayaan yang tidak pernah terlupakan dari rentetan kegiatan Pondok Pesantren Qothrotul Falah Cikulur Lebak Banten. Tidak terkecuali tahun ini, perayaan peringatan Isra dan Mi’rajnya Nabi Muhammad Saw digelar dengan penuh suka cita oleh para santri.

Rentetan kegiatan tersebut dimulai dari hari Selasa, 02 April 2019 ba’da Isya. Kegiatan diawali mauidzah (nasihat) Isra Mi’raj yang disampaikan oleh Kiai Aang Abdurrohman, M.Pd., selaku Kepala SMA Qothrotul Falah.

Dalam mauidzah-nya Kiai Aang menyampaikan bahwa Isra wal Mi’raj merupakan suatu peristiwa yang sangat bersejarah bagi umat Islam, yakni kisah dimana umat Islam diberi perintah untuk menunaikan ibadah shalat wajib lima waktu.

“Berbicara soal isra dan mi’raj, sebetulnya banyak kisah atau peristiwa yang terjadi di dalamnya. Tetapi yang sangat kita kenal adalah peristiwa mengenai kewajiban shalat fardhu untuk umat Muslim. Bisa dikatakan isra mi’raj merupakan hari anniversary-nya shalat fardhu”, ujar Putera Pengasuh Pondok Pesantren Qothrotul Falah ini.  

Setelah acara maudzah isra mi’raj, acara kemudian dilanjut dengan pembacaan shalawat atau pembacaan maulid diba yang dipimpin oleh Ustadz Muhammad Yusuf dengan diiringi lantunan musik hadrah. Berbagai shalawat dinyanyikan, menambah kekhidmatan suasana.

Kegiatan yang diselenggarakan oleh Organisasi Pelajar Pesantren Qothrotul Falah (OPPQ) periode 2019-2020 yang diketui oleh Tajul Muttaqin dan Siti Nur Kholipah tersebut dilanjutkan pada hari Rabu  pukul 08. 00 WIB.

Kegiatan perayaan tersebut juga diisi dengan kompetisi keilmuan santri atau lomba cerdas cermat perkelas yang diikuti oleh tiga orang santri dari setiap perwakilan kelas.

Selain lomba cerdas cermat, OPPQ juga menyelenggarakan lomba baca puisi perkelas yang bertema tentang Nabi Muhammad yang dilaksanakan pada sore hari ba’da Ashar. Kegiatan yang berlangsung selama dua hari tersebut dihadiri oleh seluruh dewan guru dan santri dengan penuh semangat.[YAT]