Kendati Berpuasa, Santri Tetap Padat Kegiatan

Pada Ramadhan 1440 H ini, para santri Pondok Pesantren Qothrotul Falah Cikulur Lebak Banten menjalankan puasa disertai kegiatan yang cukup padat.

Selain menjalankan puasa sebagai kewajiban seorang muslim, para santri juga menjalani pasaran kitab kuning, ujian diniah kitab kuning, ujian lisan juga ujian tulis smester genap baik siswa-siswi yang MTs maupun SMA Qothrotul Falah.

Mereka juga menyelenggarakan kegiatan Nuzulul Quran, buka bersama dan sahur bersama. “Kebetulan Ramadhan kali ini berbarengan waktunnya dengan penyelenggaraan ujian sekolah, sehingga sambil puasa mereka juga mengerjakan soal,” ujar Bunda Saadah.

Katanya, al-hamdulillah kegiatan-kegiatan ini berlangsung dengan lancar tanpa kendala apapun. “Kami melihat mereka enjoy saja. Tidak terlihat terbebani dengan kegiatan puasa sekaligus ujian,” ujarnya.

Setelah menjalani berbagai kegiatan ini, mereka akan dipulangkan ke rumahnya masing-masing insya Allah pada Ahad, 26 Mei 2019. Mereka akan kembali lagi ke pesantren pada 11 Juli 2019 untuk menjalani kegiatan sebagaimana biasanya.

“Mereka liburan cukup panjang. Semoga saja mereka mampu menjaga nilai-nilai kesantrian yang selama ini diajarkan di pesantren,” ujar Bunda.

Semoga saja, dengan kegiatan yang padat itu, mereka mendapatkan nilai terbaik. Puasanya mendapatkan nilai terbaik di hadapan Allah Swt dan ujiannya juga mendapatkan nilai terbaik di hadapan guru-gurunya.[]