Kaderisasi Pecinta Perpustakaan dan Buku

Pondok Pesantren Qothrotul Falah Cikulur Lebak Banten senantiasa memiliki perhatian serius pada dunia literasi, termasuk perbukuan dan perpustakaan. Tanpa dunia perbukuan dan perpustakaan, gagasan apapun tentang pendidikan menjadi ambiugu.

Karena itu, Pondok Pesantren Qothrotul Falah melalui Pondok Baca Qi Falah menggelar rekrutmen dan kaderisasi pecinta buku dan perpustakan. Kegiatan ini digagas oleh Ustadz Muhammad Eman Sulaiman, yang juga aktivis Arus Informasi Santri (AIS) Banten.

Pembina Pondok Baca Qi Falah dan Multimedia ini menyatakan, kegiatan bertajuk "Pendidikan Pengkaderan Pengurus Perpustakaan Qi Falah Masa Bakti 2019 -2020", diselenggarakan selama dua hari, 8-9 Agustus 2019.

“Kegiatan ini diselenggarakan dalam rangka menciptakan kaderisasi pengurus yang militan dan bertanggung jawab,” ujarnya semangat.

Pesertanya terdiri dari Pengurus Pondok Baca Qi Falah dan Aktivis Triping Community, dua kegiatan ekstrakurikuler yang fokus pada dunia literasi, yang berjumlah 30 santri.

“Pada kegiatan ini, kami menghadirkan beberapa pemateri hebat yang sudah melanglang buana di dunia penulisan dan baca, diantaranya Ustadz Nurul Huda Maarif yang pada 2017 terpilih sebagai Guru Produktif di lingkungan pengajar madrasah di Kemenag Banten. Juga ada Ustadzah Cahyati, yang sudah sampai Singapura dalam rangka kegiatan literasi,” katanya.

Menurut Ustadz EMan, di akhir kegiatan diadakan pelantikan pengurus perpustakaan yang baru. “Saudara Sudirman dan Saudari Nur Asyfa terpilih menjadi Ketua dan Wakil Ketua pengurus Pondok Baca Qi Falah Masa Bakti 2019-2020,” katanya.

Semoga saja, kegiatan seperti ini mampu menumbuhkan minat dan kecintaan para santri di lingkungan Pondok Pesantren Qothrotul Falah pada dunia literasi, khususnya dunia buku, tulis-menulis dan video.[EM)