Pelatihan Organisai untuk Siapkan Pengurus Baru

Untuk menyiapkan kepengurusan Organisasi Pelajar Pesantren Qothrotul Falah (OPPQ) Masa Bhakti tahun 2020-2021, Komisi Pemilihan Santri (KPS) yang diketuai oleh Ustadzah Nining Sariningsih menyelenggarakan kegiatan pengkaderan bagi seluruh calon pengurus OPPQ baru yang sebelumnya telah menyelesaikan beberapa persyaratan.
 
Kegiatan yang rutin diadakan setiap tahun menjelang pergantian kepengurusan OPPQ ini dinamakan dengan Latihan Manajemen Organisasi (LMO) yang dilaksanakan selama dua hari, yakni pada 02-04 Februari 2020 ba’da pengajian kitab diniyyah. Kegiatan yang dilakukan di Kelas XII IPS ini mengangkat tema Mengembangkan Kepemimpinan Melalui Tanggung Jawab, Ide dan Kerja Nyata.

Ustadzah Nining menyampaikan, tujuan utama kegiatan LMO dalam kesempatan wawancara dengan Tim Website Qothrotul Falah. “Kegiatan LMO ini memang menjadi salah satu kegiatan penting untuk dilaksakan dalam rentetan kegiatan KPS. Harapannya dengan kegiatan ini para pengurus baru bisa menggali ilmu keorganisasian dengan lebih banyak, sehingga saat mereka menemukan kesulitan atau konflik dalam kepengurusan, mereka bisa menemukan jawabannya dengan bermodalkan kegiatan ini”, ujar Ustadzah Nining.

Kegiatan LMO diisi dengan beberapa materi keorganisasian yang disampaikan langsung oleh para Alumni Qothrotul Falah. Beberapa pemateri diantaranya adalah Aditia Khaerudin (Pengurus Pusat Ikatan Pelakar Nahdhatul Ulama/IPNU) yang menyampaikan materi Pemimpin dan Kepemimpianan dan Ade Bujhaerimi (Ketua FSPP Kab. Lebak ) yang menyampaikan materi Pembentukan Karakter.

Kegiatan LMO ini diikuti dengan baik dan penuh semangat oleh seluruh kelas XI IPA/IPS sebagai calon pengurus OPPQ baru. Semoga materi, nasihat dan motivasi yang didapat dari kegiatan ini memberikan pengaruh yang signifikan untuk kemajuan kepengurusan OPPQ tahun 2020-2021.[AY]